Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Bermuatan Local Wisdom Gresik

Authors

  • Yessi Zuana Kholida Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Slamet Asari Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.32332/16a49w07

Abstract

Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan memasukkan local wisdom agar peserta didik mendapatkan pengetahuan yang lebih bermakna. Local wisdom merupakan identitas bangsa dan pandangan hidup yang terwujud dalam berbagai bidang kehidupan di daerah tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video animasi dengan mengetahui tingkat kelayakannya serta respon peserta didik termasuk tingkat keterbacaan terhadap media pembelajaran animasi yang bermuatan local wisdom daerah Gresik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Aalam dan Sosial kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Evaluate). Adapun subjek penelitian ini melibatkan 21 peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Gresik. Hasil validasi materi oleh ahli memperoleh persentase kelayakan sebesar 93%, sementara validasi dari ahli media memperoleh persentase sebesar 91%, dan respon peserta didik sebesar 89% yang semuanya termasuk dalam kategori “sangat layak”.  Hasil persentase dari uji keterbacaan media yang diperoleh pada aspek materi yaitu sebesar 85,71%, aspek kebahasaan sebesar 83,33%, aspek visual sebesar 85,71%, dan audio sebesar 80,95%. Berdasarkan keseluruhan hasil uji yang dilakukan, media animasi yang dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran  Alam dan Sosial; Local Wisdom Gresik

References

Afridiani, W., & Faridah, A. (2021). Validitas Pengembangan E-modul Berbasis Android Mata Kuliah Food Control. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2450–2458. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.780

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Barwani, & Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Ar-Ruzz Media.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9). Springer.

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60.

Ganda, F. K., & Romadi. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore untuk Menanamkan Kearifan Lokan kepada Siswa. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 11(1), 79–94.

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Medi Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 41–46. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.866

Kasmini, L. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Pada Pembelajaran Ipa. Visipena, 14(2), 68–84. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i2.2340

Kim, S., Yoon, M., Whang, S. M., Tversky, B., & Morrison, J. B. (2007). The effect of animation on comprehension and interest. Journal of Computer Assisted Learning, 23(3), 260–270. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2006.00219.x

Komalasari, K., & Rahmat. (2019). Living values based interactive multimedia in Civic Education learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750

Lutfia, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Islam Melalui Instagram pada Materi Gerak Lurus [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. In eprint.walisongo. https://eprints.walisongo.ac.id/

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Muktapa, M. I. (2021). Integritas Ilmu Pengetahuan dan Penerapannya dalam Aspek Kehidupan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(1), 21–28. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i1.33

Purwanto, M. N. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, J. D. E. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Smp [Universitas Jember]. In Jurnal Skripsi Unej (Vol. 2, Issue 4). https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87996

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran (1st ed) (1st ed.). IAIN Antasari Press.

Ro’iyah, M. M. (2022). EKSISTENSI WARISAN TRADISI PASAR BANDENG DI KABUPATEN GRESIK (Ditinjau Dari Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.

Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Syntax Tranformation, 3(12).

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SD. Journal on Education, 5(1), 919–932. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.672

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sulistiyowati, S., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar IPA pada Materi Metamorfosis Kelas IV SDN Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan, 1(1), 718–723. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1117

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. In UNY Press (Issue April 2017). https://www.researchgate.net/publication/332444168%0AMultimedia

Syahruddin, D. (2016). Peranan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis. EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Taufan, A., Nendissa, J. I., Sinurat, J., Bormasa, M. F., Tita, H. M. Y., Surya, A., Hehanussa, D. J. A., Ratri, W. S., Lewerissa, Y. A., & Nuraeni, A. (2023). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Indonesia. In Repository Penerbit Widina. Widina Media Utama.

Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

Downloads

Published

2024-12-31