Pengaruh Group Investigation terhadap Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Wahyu Nur Ahadiyah
  • Vanda Rezania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9282

Abstract

Literasi informasi di tingkat sekolah dasar menekankan pada kemampuan untuk mencari, memproses, dan mengorganisir informasi. Namun, kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar cenderung masih kurang. Penyebabnya adalah terbatasnya penelitian yang membahas model group investigation pada materi literasi informasi siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model group investigation  terhadap literasi informasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Jenis pre-experimental dengan Desain one group pretest posttest. Jumlah populasi sebanyak 66 siswa SD Muhammadiyah kemudian diambil sampel menggunakan teknik Random Sampling sebanyak 22 siswa kelas V sekolah dasar. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi informasi siswa terdiri dari 18 pernyataan dengan pilihan jawaban singkat. Penelitian menunjukkan rata-rata skor preteset 52,95, sedangkan rata-rata skor posttest 52,95. Analisis data menggunakan T-test menunjukkan hasil yang signifikan dengan probabilitas 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi informasi siswa meningkat setelah model group investigation diterapkan. Hasil tersebut menjadi salah satu aspek yang memungkinkan penelitian lanjutan pada aspek literasi lainnya.

Kata Kunci: Literasi Informasi; Group Investigation

References

Artayasa, I. P., Fitriani, T., Handayani, B. S., & Kusmiyati, K. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Secara Online Terhadap Literasi Informasi Siswa SMA. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 641. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3558
Bruce, C. (2003). The seven faces of information literacy. Literacy, 18(6), 203. http://www.bestlibrary.org/digital/files/bruce.pdf
Dewi, C. A., Pendidikan, U., Mataram, M., Muhali, M., & Mandalika, U. P. (2022). Dampak Google Classroom untuk meningkatkan literasi informasi siswa. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i2.22237
Erlisnawati, H. M. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar IPS Erlisnawati dan Hendri Marhadi. 3(April), 9–14. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/2108
Fauziah, G., & Lestari, A. W. (2018). Pembudayaan Gerakan Literasi Informasi Siswa Tingkat Sekolah Dasar Di Tanggerang Selatan. Edulib, 8(2), 167. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i2.13490


Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2067
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Hasanah, N. F., Nurtaman, M. E., & Hanik, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Pinggir Papas 1 Sumenep. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 112. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5195
Hasanah, Z. (2021). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No. 1, April 2021 P-ISSN : - ; E-ISSN : - https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna. 1(1), 1–13.
Irawan, F. J., & Ningrum, N. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan (Pkwu) Siswa Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Metro TP 2015-2016. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 61–68. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.641
Lau, J. (2006). Guidelines on Information Literacy for Lifelong Learning. Retrieved October, 60. http://www.jesuslau.com/docs/publicaciones/doc2/Iflaguidelines.pdf
Nierenberg, E., & Dahl, T. I. (2023). Is information literacy ability, and metacognition of that ability, related to interest, gender, or education level? A cross-sectional study of higher education students. Journal of Librarianship and Information Science, 55(1), 57–69. https://doi.org/10.1177/09610006211058907
Nurislaminingsih, R., Sukaesih, & Bakry, G. N. (2021). Model & standar literasi : data, visual, informasi dan media (Issue November 2021).
Patta, R., Raihan, S., & Usman, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Group Investigation terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN 017 Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Journal on Education, 6(1), 2383–2392. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3260
Riski, L., Winoto, Y., & Saeful Rohman, A. (2018). 32 | Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Literasi Informasi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Pengerjaan Tugas Sekolah. 2, 132–140. https://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/6448/4192
Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685
Saepuloh, D., & Rodiah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Melalui Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 30–41. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p030

Sai, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Internet terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Digital Literasi Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(1), 39–54. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPP/article/view/10910/6619
Sari Siregar, R. (2022). Peningkatan Literasi Numerik Melalui Model Group Investigation pada Siswa Kelas V Sd Improving Numerical Literacy Through Group Investigation Model In Class V SD Students. JPMS: Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 8(2), 515–520. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3485
Sekar, A., Jayanti, N., & Setiawan, B. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Model GI Berbasis Internet terhadap Kemampuan Mengolah Informasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 8. 5(2), 1638–1648. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5207
Septiansah, H. (2016). Evaluasi Kompetensi Literasi Informasi Siswa Menggunakan Model Mil Concept And Application Scheme di SMP Negeri 29 Padang. 3(1), 1–23. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/242
Shohibaini, D. nuroini, Parijo, & Warneri. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079
Sholeh, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889
Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.7799
Slavin, R. E. (2012). Cooperative Learning and Achievement: Theory and Research. Handbook of Psychology, Second Edition. https://doi.org/10.1002/9781118133880.hop207008
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, I., & Mawardi, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 558–564. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.394
Yasin, F. N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 142–153. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.28
Yulistiana, L., Wirahayu, Y. A., & Taryana, D. (2023). Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(9), 989–999. https://doi.org/10.17977/um063v3i9p989-999

Published

2024-06-24