Student Wokrsheet berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis

Authors

  • Abdul Kohar Universitas Lampung
  • Pargito Pargito Universitas Lampung
  • Fatkhur Rohman Universitas Lampung
  • Nurhanurawati Nurhanurawati Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9278

Abstract

Berpikir kritis menjadi titik tolak keberhasilan analisis masalah. Keberhasilan tersebut merupakan wujud konkret dari konsep pengetahuan yang bias.   Penelitian ini bertujuan mengembangkan student worksheet berbasis realistic mathematics education (RME) yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah research and development Borg and Gall yang terintegrasi model analysis, design, development, implementation, dan evaluation yang disederhanakan menjadi 3 tahapan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian produk. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Insan Mandiri Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa 5 soal uraian pretest-posstest dengan materi bangun ruang. Teknik analisis data menggunakan uji Effect Size dengan nilai Cohen’s d. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan nilai Cohen’s d sebesar 0.63 dengan intepretasi sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa student worksheet berbasis realistic mathematics education (RME) valid dan efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar sehingga memberikan peluang penggunaan  student worksheet berbasis realistic mathematics education pada subjek penelitian yang berbeda.

Kata Kunci: Berpikir Kritis; Student Worksheet

References

Afifah, S. N., Kusuma, A. B., & Purwokerto, U. M. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis pada Pembelajaran Daring Matematika. JurnaL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313–320. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2642
Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126
Becker, L. A. (University of C. (2015). Effect Size (ES). Dictionary of Statistics & Methodology, 1993. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n624
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer New York Dordrecht Heidelberg London.
Choy, S. C., & Cheah, P. K. (2020). Teacher Perceptions of Critical Thinking among Students and Its Influence on Higher Education. International Journal of Research in Science and Technology, 10(4), 198–206. https://doi.org/10.37648/ijrst.v10i04.002
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Sage Publications, Inc. (5th ed., Issue 2).
Drijvers, P. (2019). Embodied instrumentation: combining Different Views on Using Digital Technology in Mathematics Education. Eleventh Congress of the European Society for Research in Mathematics Education. https://hal.science/hal-02436279
Facione, P. A. (2016). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts (Issue January 2015). California Academic Press.
Farida, U., Caswita, C., & Sutiarso, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1563. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4942
Fauziah, A., Rahman, T., & Samsudin, A. (2022). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Metakognitif Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(4), 356–368. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27355
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research. In Allyn and Bacon. (7th ed.). https://doi.org/10.4324/9781003008064-1
Hadiyawati, T., Hayati, L., Kurniawan, E., & Sripatmi. (2024). Pengaruh penerapan model pembelajaran realistic mathematics education (rme) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13116/5896
Hidayanti, R., Sowiyah, & Pargito. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Inkuiri Terbimbing. 1, 1–11. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13329
Jannah, S. R., & Sunaengsih, C. (2017). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Budaya Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 801–810. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/11216
Landong, A., Sembiring, A. F. B., Sp, A. A., Wilujeng, A. S., Pohan, R. R., Panjaitan, S. N., Barus, S. H. B., Wahyuni, S., Sari, T. P., & Arfa, W. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model RME PADA TEMA 2 (Selalu Berhemat Energi) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SD Swasta MIS Al-Hidayah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15039
Marni, S., Aliman, M., Suyono, S., Roekhan, R., & Harsiati, T. (2020). Students’ Critical Thinking Skills Based on Gender And Knowledge Group. Journal of Turkish Science Education, 17(4), 544–560. https://doi.org/10.36681/tused.2020.44
Mulyana, E. (2016). Model Pembelajaran Generatif Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1617
Nur, A. S. F., & Lukman, D. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 565–574. https://doi.org/10.5281/zenodo.7357396
Pramudiyanti, Octi Pratiwi, W., Rohman, F., Yulia Putri, I., & Ariani, D. (2023). PBL-Based Student Worksheet to Improve Critical Thinking Ability in Science Learning in Elementary Schools. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 06(March), 109–124. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i1.17187
Putri, A. R., Coesamin, M., & Nurhanurawati. (2013). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(7). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1649
Putri, D. P., Holisin, I., & Efendi, J. F. (2022). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. JIPMat, 7(2), 83–96. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12914
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Sukirno Putri, I. Y. V., Parubak, A. S., Gultom, N., & Murtihapsari, M. (2021). Penerapan Model Pbl Berbasis Steam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 106. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10116
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosadakarya.
Wahyuni, M., & Lira, P. E. (n.d.). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 4(4), 2638–2644. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1288
Waluyo, E., & Sa, C. (2016). Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Memerhatikan Beban Kognitif Siswa Materi Bangun Ruang Sederhana Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 1(12), 2300–2306. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8248
Yohandri, Lusiana, & Rohman, F. (2020). Development Of Student Worksheets ( SW ) Based On Project Based Learning Models Assisted By Tracker Applications With Scientific Approach On Simple Harmonic Motion. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(02), 1434–1437. https://www.ijstr.org/final-print/feb2020/Development-Of-Student-Worksheets-sw-Based-On-Project-Based-Learning-Models-Assisted-By-Tracker-Applications-With-Scientific-Approach-On-Simple-Harmonic-Motion.pdf

Published

2024-06-30