Treasure Map: Inovasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Game Edukasi

Authors

  • Fitri Nabila Nur Rachma Universitas Negeri Surabaya
  • Vivi Maslakhatul Riski Sekolah Dasar Negeri Suko No. 363
  • Julianto Julianto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9264

Abstract

Pengintegrasian matematika terhadap kebutuhan belajar berbasis teknologi menjadi daya dukung utama keberhasilan transfer pengetahuan. Terlebih lagi, terdapat kesenjangan antara materi dan teknologi yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan hasil belajar matemtika melalui media edukasi treasure map pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Suko. Jenis penelitian yang digunakan, yakni penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi model Kurt Lewin. Instrumen penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media treasure map efektif meningkatkan hasil belajar matematika secara signifikan dari 60,71% pada siklus pertama menjadi 85,71% pada siklus kedua. Pengamatan yang dilakukan selama pembelajaran menunjukkan bahwa faktor konsentrasi belajar, kerja kelompok, dan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar matemtaika secara signifikan. Temuan tersebut memberikan kontribusi bahwa penggunaan media treasure map relevan dengan pembelajaran di kelas tinggi.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika; Treasure Map

Published

2024-06-30