Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Website Berintegrasi Nilai-nilai Islam
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7928Abstract
Pendidikan abad 21 mengharuskan pembelajaran berbasis digital untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Stimulus tersebut menjadi penyelaras antara kebutuhan belajar siswa dan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan serta mengetahui efektivitas produk media pembelajaran berbasis website berintegrasi Islam. Media yang dikembangkan memuat materi pembelajaran Indonesiaku Kaya Budaya yang dikaitkan dengan kearifan lokal yang ada di Lamongan yang diintegrasikan dengan Islam. Metode yang digunakan adalah research and development yang menggunakan lima tahap pengembangan, yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media mendapatkan penilaian 94% validasi ahli materi mendapatkan penilaian sebesar 91% dan validasi ahli pembelajaran mendapat penilaian sebesar 84,4% sehingga media berbasis website layak digunakan. Hasil efektivitas media pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rerata siswa pada kelompok eksperimen pada pretest sebesar 39, meningkat menjadi 85 didapatkan dari nilai posttest. Serta hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikan yang didapat sebesar 0,000 artinya kurang dari 0,05 sehingga ada pengaruh penggunaan media website terhadap hasil belajar siswa level kognitif. Penggunaan media website berintegrasi Islam dapat mengurangi kesenjangan dalam pendidikan di lingkungan madrasah ibtidaiyah.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Google Site, Berintegrasi Nilai-nilai Islam
References
Bahari, F., Wardani, D. A. K., Pascaeka, L., Febrianti, N. A. P., & Nuraini, L. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Website Google Sites pada Materi Astronomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 53–67. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5212
Branch, R. M. (2021). Instructional Design: The ADDIE Approach. Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science, 4159–4163. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438
Dewi, D. P., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Development of Website-Based Learning Media on the Practice of Pancasila on Student Learning Motivation. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(2), 250–261. https://doi.org/10.31949/jcp.v9i2.4735
Fang, K., & Yang, M. (2019). Chapter 7 - A Practical Approach to Model Validation. In L. Zhang, B. P. Zeigler, & Y. laili (Eds.), Model Engineering for Simulation (pp. 123–161). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-813543-3.00007-X
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hamasha, M. M., Ali, H., Hamasha, S., & Ahmed, A. (2022). Ultra-fine transformation of data for normality. Heliyon, 8(5), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09370
Hanifah, N. H., Walid, M., Putri, C. A., Sinta, L. N., & Ningrum, D. E. A. F. (2022). Development of Android-based “Pete” Educational Game to Improve Elementary School Student Learning Outcomes in Social Science Learning. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 430. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11467
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa The Development of Google Sites as an Instructional Media to Enhance Students ’ Learning Achievement. 27, 51–62.
Jannah, M., Prasojo, L. D., & Jerusalem, M. A. (2020). Elementary School Teachers’ Perceptions of Digital Technology Based Learning in the 21st Century: Promoting Digital Technology as the Proponent Learning Tools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6088
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 1(1), 229–239.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). Efektifitas Aplikasi Website Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Akademika, 11(02), 283–294. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Nalasari, K. ., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. . (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658
Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah Fisika Modern. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 455–467. http://repository.untad.ac.id/3668/
Purwita, L. Y., & Zuhdi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Google Sites Materi Kondisi Geografis Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 11(2), 259-270. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52739
Putri, A. F., Naila, I., & Afani, K. D. A. (2023). Pengembangan Media Google Sites Berbasis Ethno Sains pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 433. https://doi.org/10.30998/sap.v7i3.16067
Ramadia, G., Komariah, K., & Arifin, M. H. (2023). Pengembangan Multimedia Berbasis Google Sites Pada Materi Kegiatan Ekonomi terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 276–284.
Samsu. (2017). Metode Penelitian (Issue 17).
Shrout, P. E. (1980). Quasi-experimentation: Design and analysis issues for field settings. Evaluation and Program Planning, 3(2), 145–147. https://doi.org/10.1016/0149-7189(80)90063-4
Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Keterampilan 4C dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Vol. 3, 3, 922.
Siswati, S. (2019). Pengembangan Soft Skills Dalam Kurikulum Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 264. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240
Subarkah, P., Abdallah, M. M., & Hidayah, S. O. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Virtual Meeting Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Guru. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(4), 1214–1223. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4742
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zhou, Y., Zhu, Y., & Wong, W. K. (2023). Statistical tests for homogeneity of variance for clinical trials and recommendations. Contemporary Clinical Trials Communications, 33(September 2022), 101119. https://doi.org/10.1016/j.conctc.2023.101119