Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Website Berintegrasi Nilai-nilai Islam
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7928Abstract
Pendidikan abad 21 mengharuskan pembelajaran berbasis digital untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Stimulus tersebut menjadi penyelaras antara kebutuhan belajar siswa dan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan serta mengetahui efektivitas produk media pembelajaran berbasis website berintegrasi Islam. Media yang dikembangkan memuat materi pembelajaran Indonesiaku Kaya Budaya yang dikaitkan dengan kearifan lokal yang ada di Lamongan yang diintegrasikan dengan Islam. Metode yang digunakan adalah research and development yang menggunakan lima tahap pengembangan, yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media mendapatkan penilaian 94% validasi ahli materi mendapatkan penilaian sebesar 91% dan validasi ahli pembelajaran mendapat penilaian sebesar 84,4% sehingga media berbasis website layak digunakan. Hasil efektivitas media pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rerata siswa pada kelompok eksperimen pada pretest sebesar 39, meningkat menjadi 85 didapatkan dari nilai posttest. Serta hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikan yang didapat sebesar 0,000 artinya kurang dari 0,05 sehingga ada pengaruh penggunaan media website terhadap hasil belajar siswa level kognitif. Penggunaan media website berintegrasi Islam dapat mengurangi kesenjangan dalam pendidikan di lingkungan madrasah ibtidaiyah.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Google Site, Berintegrasi Nilai-nilai Islam