Analisis Perencanaan Pembelajaran Terintegrasi Nilai-Nilai Islam

Authors

  • Dian Jani Prasinta UNISAN
  • Maya Trisia Wardani Universitas Islam An Nur Lampung
  • Andi Warisno Universitas Islam An Nur Lampung
  • An An Andari Universitas Islam An Nur Lampung
  • Afif Anshori Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.7626

Abstract

Pengintegrasian nilai-nilai islam dalam pendidikan menjadi jembatan penanaman nilai karakter bagi siswa. Terlebih lagi, dikotomi kebutuhan belajar siswa menjadi unsur penting dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai islam. Untuk itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research untuk menganalisis indikator nilai-nilai islam yang diintegrasikan dalam perencanaan pembelajaran. Melalui hal tersebut, diperoleh hasil bahwa perencanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Bandar Lampung telah mengintegrasikan nilai-nilai islam, berupa ubudiyah, saling memaafkan, cinta kepada Allah. Akan tetapi, nilai-nilai islam lainnya tidak dijumpai secara komprehensif pada perencanaan sehingga diperlukan penelitian lanjutan yang relevan dan perbaikan cakupan nilai-nilai islam oleh sekolah.

Kata kunci: Nilai-nilai Islam;  Perencanaan Pembelajaran Sekolah Dasar

References

Abdullah, R., Syahidin, & Suryana, T. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran (Studi Deskriptif Pembelajaran IPS di SMP PGII 1 Bandung). Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’Lim, 17(2), 117–133.
Abubakar, A. (2019). Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Kurikulum SMP Islam Terpadu Al Fahmi Palu. Jurnal “Al-Qalam,” 25(1), 119–134.
Afrida, E. (2019). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas II.D SD Negeri 64/IV Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 282. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.646
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak Publisher.
Astuti, H. K. (2022). Penanaman Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Karakter Religius. Mumtaz, 1(2), 62–70.
Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.624
Fatimah, & Winarti, E. (2022). Integrasi Imtak dan Iptek: Landasan dan Faktor Kunci Sukses Penerapannya dalam Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 149–166. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/5050
Hikmawati, & Kholifah, N. (2022). Straregi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Anak Autisme. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 11–28. https://doi.org/https://doi.org/10.54150/syiar.v2i1.54
Hudah, N. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 113–129. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.49
Lubis, A. (2019). Sekolah Islam Terpadu Dalam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(2), 1077–1095. https://doi.org/10.36424/jpsb.v4i2.60
Marlina Sari, F., Azzara, M., Wyrentia Suhaili, N., & Artikel, I. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar IPS. Almufi Jurnal Pendidikan, 2(2), 43–50.
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen Pendidikan. RajaGrafika Persada.
Nurfahmi, F. L., Hidayah, N., & Gunawan, H. (2022). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN. 2(1), 36–47.
Nursobah, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Duta Media Publishing.
Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197–218. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.197-218
Saibani, S., Syafe’i, I., & Amiruddin, A. (2023). Analisis Pendidikan Akhlak dalam Kitab Maulid Ad-Diba’i dan Maulid Simtudduror serta Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Indonesia. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 141–170.
Sugesti, D. (2019). Mengulas tolong menolong dalam perspektif islam delvia sugesti. 14(2), 106–122.
Wijayanto, S., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI-AL Ma’arif Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 62–68. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.778
Zulkarnain. (2008). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-08-28