Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Dian Ekasari Sulnas Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarifuddin Kune Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7605

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Angi St Anggari. (2018). Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD/MI. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anwar, S. (2018). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Inklusi. Jurnal Ilmiah Sustainable, 1, 57–74.
Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2019). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183–187. https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p183
Ennis, R. H. (2003). Critical Thinking. The New York Times Company.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Handoko, A., Supriadi, N., & Ningrum, S. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 10(2), 189–200. https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5406
Handoyono, N. A. (2022). Dampak Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 7(1), 18–23. https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p18-23
Haryudo, S. I., Basri, A., & Shodiq, S. (2023). The Effect of Critical Thinking Skills & Digital Literacy on National Insight. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 8(1), 70–76.
Maritha, R. F., Pratama, F., Utomo, T. C., Amrullah, H. M., Hadibasyir, H. Z., & Wicaksana, A. A. (2021). Analisis Persepsi Konsumen dan Harapan Terhadap Produk Inovasi Boba Bonggol Pisang. Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa), 1(2), 64–76. https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.3820
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Ngazizah, N., Saputri, D. R., Prahastiwi, F. A., Maulannisa, D., & Safitri, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Tema 6 Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 81–89. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2591
OECD. (2018). PISA 2018. Result Combined Executive Summarie. PISA-OECD Publishing.
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(April), 12–20.
Ramadhan, T., Arifuddin, M., & Mastuang, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Model Quantum Teaching pada Materi Fluida Statis untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 99. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2058
Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Ode, T. (2021). Penggunaan Model Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas V. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 30(1), 32. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p032
Rizal, R. (2019). Implementasi Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa Sma. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3618
Saepudin, D., Sugito, S., & Jayadi, J. (2022). Penggolongan Generasi sebagai Pemoderasi Lingkungan Kerja, Kepemimpinan dan Beban Kerja terhadap Loyalitas Karyawan. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 155–166. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.440
Salmia, Rosleny, I. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Menuju Pembelajaran Abad 21. Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 4, No(ISSN: 2597-4866), 1–10.
Salmia, & Yusri, A. M. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92. http://ejournal.upi.edu/index.php/
Sudarmin, R. R. D. K. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CTL ( Conntextual Teaching and Learning ) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Saraweta, 1(01).
Sugiartini, N. K. R., Antari, N. N. M., & ... (2013). Pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar IPS kelas IV gugus I kecamatan Manggis. Mimbar Pgsd, 1 …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/699/572/1280
Sukmawati, Salmia, S. (2023). Population, Sample (Quantitative) and Selection of Participants/Key Informants (Qualitative). Edumaspul - Jurnal Pendidikan, Vol. 7 – N(6), 131–140. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5259
Sukmawati, Sudarmin, S. (2023). Development of Quality Instrument and Data Collection. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 6(1), 119–124.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Group Kencana Prenada Media.
Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111–120.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2017).
Uno. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Bumi Aksara.
Wahyuni, T., Uswatun, N., & Fauziati, E. (2023). Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Kognitivisme Jean Piaget. Tsaqofah, 3(1), 129–139. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.834
Wijayanti, R., Yusron, R. M., Hermanto, D., & Novitasari, A. T. (2022). Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Pondok Pesantren Menggunakan Modul Ajar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (PkMN), 3(2), 782–788.

Published

2023-12-31