Implementasi Sex Education Melalui Penggunaan Komik pada Anak Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Achmad Mahbuby Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sukartono Sukartono Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7428

Abstract

Sex education menjadi urgensi bagi perkembangan belajar peserta didik. Pembelajaran tersebut perlu menjadi bagian dalam pengetahuan yang ditransfer secara sadar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran sex education melalui penggunaan media komik pada anak kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas V, kepala sekolah dan peserta didik kelas V. Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara dan observasi. Keabsahan data di uji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode dengan menggunakan teknik analisis data interactive model, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan faktor pendukung implementasi pembelajaran sex education melalui penggunaan media komik meningkatkan minat dan motivasi peserta didik kelas V serta meningkatkan antusias mereka dalam mengikuti proses pembelajaran, sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran sex education melalui penggunaan media komik terdapat pada peserta didik yang memiliki gaya belajar yang berbeda, paradigma yang tabu akan materi sex education baik orang tua maupun peserta didik, serta keterbatasan media komik yang disediakan. Solusi mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan memanfaatkan media dan metode pembelajaran lain seperti audio visual, poster, roleplay, brainstroming, dan pembelajaran berbasis lapangan juga dilakukan sebagai pendamping media komik.

 

Kata kunci: Pembelajaran Sex Education, Generasi Sadar Sex Education

Published

2023-12-31