Pengembangan Media Pembelajaran Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7337Abstract
Perkembangan teknologi bukan hanya sebagai kampanye pendidikan semata. Diperlukan inovasi yang relevan dengan kebutuha belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan spesifikasi media aplikasi Ipa Ceria, 2) Mendeskripsikan validasi media aplikasi IPA Ceria. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Rnd) dengan model Borg and Gall yang dibatasi tahap 1 hingga 6 yaitu: a. Potensi masalah, b. Pengumpulan data, c. Desain produk, d. Validasi desain, e. Revisi desain, f. Uji coba awal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek ujicoba dalam penelitian ini melibatkan 10 siswa dan guru kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Tunggulsari 1 dan dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil penelitian bahwa aplikasi Ipa Ceria mempunyai spesifikasi berupa aplikasi yang memuat soal evaluasi guna meningkatkan pemahaman siswa mengenai perkembangbiakan makhluk hidup. Siswa harus menjawab dengan benar dikolom jawaban, dengan mengurutkan abjad
yang diacak, untuk dapat melanjutkan ke level selanjutnya. Pengguna aplikasi ini adalah siswa kelas 6 yang didampingi guru dalam pembelajaran. Hasil validasi media mendapat nilai 94 yang termasuk kriteria sangat valid (skor ahli media), dan mendapat skor 92 yang termasuk kriteria sangat valid (skor ahli materi). Hasil tersebut memberikan kebaruan dalam aspek penggunaan teknologi pembelajaran yang diharapkan mampu digunakan pada subyek lainnya.
Kata kunci: Aplikasi Ipa Ceria, Perkembangbiakan Makhluk Hidup
References
Anwar, H. S., & Nana. (2020). Penggunaan Aplikasi Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Poe2We Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika. 1–4.
Desstya, A. (2016). Kedudukan Dan Aplikasi Pendidikan Sains Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193–200. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.1002
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). Model Pendidikan Pulo Freire, Refleksi Pendidikan IPA SD Di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745
Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–5. https://doi.org/10.21831/istoria.v17i1.37421
Indrapangastuti, D. (2014). Praktek Dan Problematik Pendidikan Multikultural Di Smk. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614
Jamia, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare (Vol. 3, No 2). Hal 101-110. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2346
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kurniawan, (2020) Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS nternational Journal of Community Service Learning. Volume 4, Number 1, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 66. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103/10859
Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028
Nur Jannah, I., Diyah, D., & Prasetyo, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), Hal 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340
Putri, rini widia, Munah, H. P., & Maududi, R. Al. (2022). Pelatihan Pembuatan Soal Menggunakan Microsoft Paint Di PAUD AL-Ikhlas Kota Depok. 05(04), 394–399. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/viewFile/13687/4967
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01),Hal 11. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356
Ramadani, D., & Rahmawati, F. P. (2022). Pengembangan Media Kartu Kalimat Sampiran dan Isi Pantun (KASIP) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpantun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5523–5532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3096
Syafrina Alfiati, Farhan, A., & Ropisa. (2016). Efektifitas Media Animasi Dalam Pencapaian Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 1–7. https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7528
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.4990
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), Hal 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454
Yanuarti, E., Purnama, D., & Hs, S. (2020). Analisis Perbandingan Pendidikan Multikultural (Indonesia, Amerika, Kanada, Inggris). Jurnal IAIN Bengkulu, 19(1), 46–65. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/2202