Nilai Karakter dalam Tembang Macapat dan Pemanfaatannya sebagai Pengayaan Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Desi Ratnasari Universitas Sebelas Maret
  • Satria Nugraha Adiwijaya Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6744

Abstract

Nilai karakter menjadi aspek intrinsik pada capaian tujuan pembelajaran. Perlu pengkajian untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendekripsikan nilai karakter yang terdapat pada tembang macapat; dan (2) mendeskripsikan pemanfaatan tembang macapat sebagai pengayaan. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini, yaitu tembang macapat. Data penelitian ini, yaitu larik tembang macapat yang diduga memiliki nilai karakter. Pengumpulan data yang digunakan berupa pembacaan harfiah. Analisis data yang digunakan berupa analisis objektif dan deskriptif untuk memperoleh nilai karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tembang macapat memiliki 16  nilai karakter yang persebaran jumlah nilai karakter tiap tidak sama tiap tembang. Dalam hal ini, tembang pocung, mijil, pangkur, dan kinanthi menjadi tembang dengan nilai karakter yang mendominasi dibanding tembang lainnya. Nilai Karakter tersebut, yaitu: nilai karakter kejujuran, disiplin, menghargai orang lain, percaya diri, dan tenggang rasa. (2) Kegiatan pengayaan eksploratori dapat dilakukan pada pembelajaran peserta didik sekolah dasar. Hal tersebut dapat diimplementasikan pada KD 3.5 dan 4.5.

Kata Kunci: Nilai Karakter Tembang Macapat, Pengayaan Peserta Didik

Downloads

Published

2023-06-30