Identifikasi Penerapan Kerucut Pengalaman di Sekolah Dasar Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6309Abstract
Kerucut pengelaman yang digagas Edgar Dale memiliki skala keberhasilan belajar berdasarkan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media yang relevan pada pengalaman Edgar Dale mampu memberikan pengalaman dan dampak belajar yang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi penerapan kerucut pengalaman dalam pembelajaran di beberapa sekolah dasar di kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survey terhadap 30 guru sekolah dasar di Surabaya. Instrumen survei menggunakan questionnaire online berdasarkan adaptasi indikator model pembelajaran kerucut Edgar Dale. Analisis data mengikuti tahapan kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kecenderungan guru dalam pembelajaran masih menerapkan pada pembelajaran membaca yang bersifat tekstual. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik.
Kata kunci: Pembelajaran Kerucut Pengalaman, Sekolah Dasar Surabaya
References
Fajar, Muhammad. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah Berbasis Android [Diploma, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/11863/
Fitramadhana, Rizqyansah. (2022). Pemikiran Pedagogi Kritis Henry Giroux. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 9(1), 84-120. https://shorturl.at/HOW34
Fransisca, Monica, Yuliawati Yunus, Aminda Dewi Sutiasih, dan Renny Permata Saputri. (2019). Practicality of E-Learning as Learning Media in Digital Simulation Subjects at Vocational School in Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012077
Furoidah, Asni. (2020). Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358
Gunawan, Derri Adhy. (2018). Efektivitas Media Presentasi Terhadap Daya Ingat Siswa SMP Islam Terpadu Al-Ma’mun Education Center [BachelorThesis, (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)]. https://shorturl.at/bUY15
Hassan, Muhammad Awais, Ume Habiba, Faiz Majeed, dan Muhammad Shoaib. (2021). Adaptive Gamification In E-Learning Based On Students’ Learning Styles. Interactive Learning Environments, 29(4), 545–565. https://shorturl.at/iBOW7
Hs, Hasbiah, Muh Fahreza, dan Elpisah. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3382-3392. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2613
Izzati, Umi Anugerah dan Olievia Prabandini Mulyana. (2021). Perbedaan Jenis Kelamin dan Status Pernikahan dalam Kesejahteraan Psikologis Guru. Psychocentrum Review, 3(1), 63–71. https://doi.org/10.26539/pcr.31567
Laksana, Dek Ngurah Laba, I Wayan Dasna, dan I Nyoman Sudana Degeng. (2019). The Effects of Inquiry-Based Learning and Learning Styles on Primary School Students’ Conceptual Understanding in Multimedia Learning Environment. Journal of Baltic Science Education, 18(1), 51–62. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1315744.pdf
Lubis, Renni Ramadhani dan Nurhamimah Rambe. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Guru SD Swasta PAB 10 Sampali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(2), 86–94. https://shorturl.at/cDX29
Manshur, Umar dan Maghfur Ramdlani. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Al-Murabbi, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854
Masters, Ken. (2020). Edgar Dale’s Pyramid of Learning in Medical Education: Further Expansion of the Myth. Medical Education, 54(1), 22–32. https://doi.org/10.1111/medu.13813
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). California: Sage Publication.
Pratiwi, Warih Ari, Iis Prasetyo, dan Monita Nur Shabrina. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Qodr, Taufiq Subhanul. (2020). Media Pembelajaran Game Geograpiea untuk Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 45-53. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.29
Rozali, Yuli Azmi, Novendawati Wahyu Sitasari, Ikbal Rahmat, dan Abdurrahman. (2019). Aplikasi Bermain Peran pada Siswa Sekolah Dasar Islam dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Educultural: International Journal of Education, Culture and Humanities, 1(2), 37-44. https://shorturl.at/vzHQ6
Rusydiyah, Evi Fatimatur, Eni Purwati, dan Ardhi Prabowo. (2020). How to Use Digital Literacy as A Learning Resource for Teacher Candidates in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 305–318. https://shorturl.at/qRZ03
S, Syamsidar, Maruf, dan Rahmini Hustim. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.26618/jpf.v6i1.1196
Sahempa, Sahria, Peggy Veronika Togas, dan Verry Ronny Palilingan. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.922
Saputro, Kuncoro Adi, Christina Kartika Sari, dan SW Winarsi. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910-1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690
Sari, Pusvyta. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57. https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.7
Septianova, Brian Selvi Feliciano dan Rusiyanto. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual dan dengan Menggunakan Media Konvensional. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 17(2), 62 67. https://doi.org/10.15294/jptm.v17i2.17621
Setiawan, Rizki dan Eti Komalasari. (2020). Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi di Tengah Pandemi Covid-19. Edusocius; Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan Dan Sosiologi, 4(1), 1-13. https://shorturl.at/pzAXZ
Suryanti. (2019). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 7 Kuntodarusalam: Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 27-37. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3095
Suyitno, S. (2021). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1900
Uno, N. S., Wahjoedi, & Haryono, A. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Pengajaran Ekonomi Berwawasan Indonesia. National Conference on Economic Education, 3, 1–9.
Zhang, Q., Li, M., Wang, X., & Ofori, E. (2019). Dr. Edgar Dale. TechTrends, 63(3), 240–242. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00395-1