Identifikasi Penerapan Kerucut Pengalaman di Sekolah Dasar Kota Surabaya

Authors

  • Aifi Umdatul Khoiroh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Afiyah Wildah Rahayu Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Anisa QUrrotul A'yun Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Moh. Rifqi Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Evi Fatimatur Rusydiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6309

Abstract

Kerucut pengelaman yang digagas Edgar Dale memiliki skala keberhasilan belajar berdasarkan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media yang relevan pada pengalaman Edgar Dale mampu memberikan pengalaman dan dampak belajar yang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi penerapan kerucut pengalaman dalam pembelajaran di beberapa sekolah dasar di kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survey terhadap 30 guru sekolah dasar di Surabaya. Instrumen survei menggunakan questionnaire online berdasarkan adaptasi indikator model pembelajaran kerucut Edgar Dale. Analisis data mengikuti tahapan kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kecenderungan guru dalam pembelajaran masih menerapkan pada pembelajaran membaca yang bersifat tekstual. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik.

Kata kunci: Pembelajaran Kerucut Pengalaman, Sekolah Dasar Surabaya

References

Davis, Beverly dan Michele Summers. (2015). Applying Dale’s Cone of Experience to Increase Learning and Retention: A study of Student Learning in a Foundational Leadership Lourse. Qscience Proceedings, Engineering Leaders Conference 2014 on Engineering Education, 2015 (6). https://shorturl.at/kEPW8

Fajar, Muhammad. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah Berbasis Android [Diploma, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/11863/

Fitramadhana, Rizqyansah. (2022). Pemikiran Pedagogi Kritis Henry Giroux. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 9(1), 84-120. https://shorturl.at/HOW34

Fransisca, Monica, Yuliawati Yunus, Aminda Dewi Sutiasih, dan Renny Permata Saputri. (2019). Practicality of E-Learning as Learning Media in Digital Simulation Subjects at Vocational School in Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012077

Furoidah, Asni. (2020). Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358

Gunawan, Derri Adhy. (2018). Efektivitas Media Presentasi Terhadap Daya Ingat Siswa SMP Islam Terpadu Al-Ma’mun Education Center [BachelorThesis, (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)]. https://shorturl.at/bUY15

Hassan, Muhammad Awais, Ume Habiba, Faiz Majeed, dan Muhammad Shoaib. (2021). Adaptive Gamification In E-Learning Based On Students’ Learning Styles. Interactive Learning Environments, 29(4), 545–565. https://shorturl.at/iBOW7

Hs, Hasbiah, Muh Fahreza, dan Elpisah. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3382-3392. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2613

Izzati, Umi Anugerah dan Olievia Prabandini Mulyana. (2021). Perbedaan Jenis Kelamin dan Status Pernikahan dalam Kesejahteraan Psikologis Guru. Psychocentrum Review, 3(1), 63–71. https://doi.org/10.26539/pcr.31567

Laksana, Dek Ngurah Laba, I Wayan Dasna, dan I Nyoman Sudana Degeng. (2019). The Effects of Inquiry-Based Learning and Learning Styles on Primary School Students’ Conceptual Understanding in Multimedia Learning Environment. Journal of Baltic Science Education, 18(1), 51–62. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1315744.pdf

Lubis, Renni Ramadhani dan Nurhamimah Rambe. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Guru SD Swasta PAB 10 Sampali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(2), 86–94. https://shorturl.at/cDX29

Manshur, Umar dan Maghfur Ramdlani. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Al-Murabbi, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854

Masters, Ken. (2020). Edgar Dale’s Pyramid of Learning in Medical Education: Further Expansion of the Myth. Medical Education, 54(1), 22–32. https://doi.org/10.1111/medu.13813

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). California: Sage Publication.

Pratiwi, Warih Ari, Iis Prasetyo, dan Monita Nur Shabrina. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Qodr, Taufiq Subhanul. (2020). Media Pembelajaran Game Geograpiea untuk Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 45-53. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.29

Rozali, Yuli Azmi, Novendawati Wahyu Sitasari, Ikbal Rahmat, dan Abdurrahman. (2019). Aplikasi Bermain Peran pada Siswa Sekolah Dasar Islam dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Educultural: International Journal of Education, Culture and Humanities, 1(2), 37-44. https://shorturl.at/vzHQ6

Rusydiyah, Evi Fatimatur, Eni Purwati, dan Ardhi Prabowo. (2020). How to Use Digital Literacy as A Learning Resource for Teacher Candidates in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 305–318. https://shorturl.at/qRZ03

S, Syamsidar, Maruf, dan Rahmini Hustim. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.26618/jpf.v6i1.1196

Sahempa, Sahria, Peggy Veronika Togas, dan Verry Ronny Palilingan. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.922

Saputro, Kuncoro Adi, Christina Kartika Sari, dan SW Winarsi. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910-1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690

Sari, Pusvyta. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57. https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.7

Septianova, Brian Selvi Feliciano dan Rusiyanto. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual dan dengan Menggunakan Media Konvensional. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 17(2), 62 67. https://doi.org/10.15294/jptm.v17i2.17621

Setiawan, Rizki dan Eti Komalasari. (2020). Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi di Tengah Pandemi Covid-19. Edusocius; Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan Dan Sosiologi, 4(1), 1-13. https://shorturl.at/pzAXZ

Suryanti. (2019). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 7 Kuntodarusalam: Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 27-37. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3095

Suyitno, S. (2021). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1900

Uno, N. S., Wahjoedi, & Haryono, A. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Pengajaran Ekonomi Berwawasan Indonesia. National Conference on Economic Education, 3, 1–9.

Zhang, Q., Li, M., Wang, X., & Ofori, E. (2019). Dr. Edgar Dale. TechTrends, 63(3), 240–242. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00395-1

Downloads

Published

2023-07-18