Identifikasi Penerapan Kerucut Pengalaman di Sekolah Dasar Kota Surabaya

Authors

  • Aifi Umdatul Khoiroh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Afiyah Wildah Rahayu Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Anisa QUrrotul A'yun Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Moh. Rifqi Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Evi Fatimatur Rusydiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6309

Abstract

Kerucut pengelaman yang digagas Edgar Dale memiliki skala keberhasilan belajar berdasarkan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media yang relevan pada pengalaman Edgar Dale mampu memberikan pengalaman dan dampak belajar yang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi penerapan kerucut pengalaman dalam pembelajaran di beberapa sekolah dasar di kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survey terhadap 30 guru sekolah dasar di Surabaya. Instrumen survei menggunakan questionnaire online berdasarkan adaptasi indikator model pembelajaran kerucut Edgar Dale. Analisis data mengikuti tahapan kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kecenderungan guru dalam pembelajaran masih menerapkan pada pembelajaran membaca yang bersifat tekstual. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik.

Kata kunci: Pembelajaran Kerucut Pengalaman, Sekolah Dasar Surabaya

Downloads

Published

2023-07-18