Analisis Metode Multisensori untuk Mengatasi Kesulitan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia MI Roudlotul Wildan

Authors

  • Nur Aziz Amalia Khaq iain kudus
  • Eva Luthfi fakhru Ahsani iain kudus
  • Ashif Az Zafi iain kudus

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.5991

Abstract

Abstrak

Keterampilan membaca permulaan merupakan salah satu tujuan pembelajaran pada kelas rendah. Akan tetapi, hal tersebut kontradiksi dengan larangan tes membaca bagi peserta didik baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode multisensori dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Wildan Kecamatan Bae Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer penelitian ini, yaitu guru kelas satu dan siswa kelas satu Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Wildan Kecamatan Bae Kudus. Sumber data sekunder penelitian ini, yaitu nilai ulangan tengah semester untuk melihat hasil belajar pascapenggunaan metode multisensori. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode multisensori dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Wildan dapat menjadi solusi permasalahan rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas satu. Temuan tersebut membrikan implikasi bagi pembelajaran membaca permulaan.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Multisensori, Kesulitan Membaca Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia

References

Aba Bahrun Mustofa, M., & Mukhoyyaroh, T. (2020). Efektivitas Metode Multisensory dalam Meningkatkan Kemampuan Memulai Membaca pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 139-152. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art6

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. 2017. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Islam. Jakarta: Refika Aditama.

Grainger, J. 2003. Problem Perilaku, Perhatian, dan Membaca pada Anak: Strategi Intervensi Berbasis Sekolah (Alih Bahasa: Enny Irawati). Jakarta: Grasindo.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan . Lembaran Negara Republik Indonesia ahun 2010 Nomor 23. Sekretariat Negara. Jakarta.

Kristanti, Retno Catur dan Heru Subrata. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Kartu Huruf Multisensori” dengan Metode Orton Gilingham untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. 10(7), 1640-1654. https://shorturl.at/oILW7

Kusmayanti, Siska. (2019). Membaca Permulaan dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 222-227. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/832/858

Latae, Azlia, Sahrudin Barasandji, dan Muhsin. (t.t.). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 199-213. https://shorturl.at/lrtvz

Lerner, J.W. 2003. Learning Disabilities: Theories, Diagnosis, and Teaching Strategies (9th ed.). Boston: Houghton Mifflin Company.

Madden, Thomas. L. 2002. Fire Up Your Learning (Petunjuk Belajar yang Dipercepat untuk Umur 12 Tahun ke Atas). Jakarta: Gramedia.

Nurani, Riga Zahara, Fajar Nugraha, dan Hatma Heris Mahendra. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470. https://shorturl.at/tWY34

Pramesti, Fitria. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283-289. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144

Sela, Armita, Yulida Angraini, Hasmi Suyuthi, dan Sakrono. (2022). Meningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Metode Multisensori VAKT pada Siswa Sekolah Dasar. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 781–789. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i6.302

Shofiah, Vivik dan Yana Silvi Aulia Mawaddah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Melalui Metode Multisensori. Jurnal Personifikasi:Jurnal Ilmu Psikologi , 9(1). 58-69. https://shorturl.at/qySVY

Susanto, E., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode VAKT Solusi untuk Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Anak Hiperaktif. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 9. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2506

Yusuf, Muhammad. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Serang: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Downloads

Published

2023-07-10