Analisis Strategi Dirceted Reading Thinking Activity sebagai Upaya Menumbuhkan Keterampilan Membaca Literal MI Miftahussalam
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.5331Abstract
Pembelajaran berbahasa mempengaruhi kualitas membaca pada peserta didik. Kualitas tersebut berupa informasi literal yang diungkapkan oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian, yaitu; 1) mendeskripsikan pelaksanaan strategi dirceted reading thinking activity 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi dirceted reading thinking activity dalam mengembangkan keterampilan membaca kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan data ini meliputi observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan strategi dirceted reading thinking activity dalam mengembangkan keterampilan membaca terdapat 5 tahapan yaitu; memprediksi dengan judul, memprediksi dengan gambar, membaca teks bacaan, menilai ketepatan prediksi dan menyesuaikan prediksi, dan mengulang tahap 1-4 sampai bagian tercukupi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi dirceted reading thinking activity mampu menumbuhkan keterampilan membaca literal peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran. Faktor pendukung pembelajaran, meliputi: tersedianya liquid crystal display proyektor, kesesuaian penggunaan media pembelajaran, dan peran aktif peserta didik. Selain itu, terdapat faktor penghambat pembelajaran, yaitu manajemen waktu mengajar yang tidak efektif dan efisien.
Kata Kunci: Directed Reading Thinking Activity, Keterampilan Membaca Literal
References
Aieny, M. P., & Basri, I. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 127. https://doi.org/10.24036/108273-019883
Ardhian, T., & Trisniawati, T. (2020). Pengaruh Direct Reading Thinking Activity terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.11364
Arifin, Muh. L., Khotimah, L. H., & Mahmudin, M. (2023). Analisis Pemahaman Literal Siswa Perspektif Gender. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3305
Arkan, W. (2020). Implikasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mereduksi Kesulitan Membaca. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 32–45. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i2.8237
Bramantha, H., & Pratiwi, V. (2022). Analisis Keterampilan Guru Dalam Menerapkan Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Di SDN 1 Wringin Anom Jati Banteng Situbondo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 12(2). 64-72. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2532
Darmini, M., & Hikmah, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa melalui Metode Direct Reading Thinking Activity (DRTA) pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV. Prosiding Webinar Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Society 5.0. Cirebon: 28 Juni 2021, 3(1), 238-244.
https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2243
Fajrin, N. D., Zainuddin, M., & Gipayana, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Berbasis PIRLS Berbantuan Media Powerpoint Interaktif di SD. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 4(32), 396-401.
Hidayana, S., Pateda, L., & Pautina, A. R. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Educator (Directory Of Elementary Education Journal), 2(1), 58–81. https://doi.org/10.58176/edu.v2i1.152
Karakaita Putri, P. N. A., Arini, N. W., & Sumantri, Md. (2019). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17762
Krismonika, Evita. (2020). Pengaruh Strategi DRTA terhadap Kemampuan Membaca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Madiun: Tanpa Tanggal, 2, 231-235. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1587
Ningtiyas, A. M. (2019). Pengaruh Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Berbantuan Musik Instrument Klasik terhadap Motivasi Membaca Siswa Kelas IV Di SDN Saptorenggo 04 Pakis. Seminar Nasional PGSD Unikama. Malang: 3. Selasa, 12 November 2019., 3(1), 63-70. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/9
Ristiawanti, Ulfah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membaca Pemahaman Materi Ekstenofik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pancar, 5(2), 161 165. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/139
Indonesia. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 955. Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM. Jakarta.
Prayuda, M. S., & Tanjung, D. S. (2023). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 066050 Medan. Journal on Education, 5(4), 11503-11520. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2097
Ratnasari, D., & Adiwijaya, S. N. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 87–97. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.16794
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R & D). Bandung: Alfabeta.
Uripto. (2018). Implementasi Pembinaan Strategi DRTA sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Mengajar Membaca. Jurnal Sosialita, 10(2). https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/731