Analisis Strategi Dirceted Reading Thinking Activity sebagai Upaya Menumbuhkan Keterampilan Membaca Literal MI Miftahussalam

Authors

  • Partono Partono IAIN Kudus
  • Lailatul Marfuah IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.5331

Abstract

Pembelajaran berbahasa mempengaruhi kualitas membaca pada peserta didik. Kualitas tersebut berupa informasi literal yang diungkapkan oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian, yaitu; 1) mendeskripsikan pelaksanaan strategi dirceted reading thinking activity 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi dirceted reading thinking activity dalam mengembangkan keterampilan membaca kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan data ini meliputi observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan strategi dirceted reading thinking activity dalam mengembangkan keterampilan membaca terdapat 5 tahapan yaitu; memprediksi dengan judul, memprediksi dengan gambar, membaca teks bacaan, menilai ketepatan prediksi dan menyesuaikan prediksi, dan mengulang tahap 1-4 sampai bagian tercukupi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi dirceted reading thinking activity mampu menumbuhkan keterampilan membaca literal peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran. Faktor pendukung pembelajaran, meliputi: tersedianya liquid crystal display proyektor, kesesuaian penggunaan media pembelajaran,  dan peran aktif peserta didik. Selain itu, terdapat faktor penghambat pembelajaran, yaitu manajemen waktu mengajar yang tidak efektif dan efisien.

Kata Kunci: Directed Reading Thinking Activity, Keterampilan Membaca Literal

Downloads

Published

2023-06-30