Analysis of Students’ Need and Perception on Integrated Natural Science Worksheet based on Contextual Teaching and Learning

Authors

  • Nur Inayah Syar IAIN Palangkaraya
  • Sulistyowati Sulistyowati IAIN Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.3071

Abstract

Abstract

Students’ worksheet is one kind of teaching material that can assist the students to learn independently especially in distance learning during the pandemic. Before developing the workheet, need analysis is required to dig the need, attractiveness, and type of worksheet needed by the students. This research aims to analyze the need of students’ worksheet on Natural Science Study and Learning Course and to find out the students’ perception on CTL based worksheet. This research was a quantitative research by using survey method. Total samples were 52 students divided into two groups and the research instrument used was questionnaire. The research results show that based on the need analysis, 70% students of PGMI Study Program needed worksheet in the natural science practice, 60% students were interested to use CTL based worksheet. Beside that the students need worksheet which in it there is case or real example in daily life, illustration, short material, and summary. The students’ perception on CTL based worksheet is in excellent category with percentage 92,63%.

 

Keywords: Worksheet, CTL, Needs Analysis, Perception

 

Abstrak

Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) merupakan salah satu jenis bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa belajar secara mandiri terutama dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Sebelum mengembangkan LKM perlu adanya analisis kebutuhan guna menggali kebutuhan, ketertarikan dan jenis LKM yang dibutuhkan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan LKM bagi mahasiswa pada mata kuliah Kajian dan Pembelajaran IPA dan  untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap LKM berbasis CTL. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Total sampel yaitu 52 orang mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelompok dan instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan, 70% mahasiswa Prodi PGMI membutuhkan LKM dalam praktikum IPA, 60% mahasiswa tertarik menggunakan LKM berbasis CTL. Selain itu mahasiswa membutuhkan LKM yang di dalamnya terdapat kasus dan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, ilustrasi, materi singkat dan rangkuman. Persepsi mahasiswa terhadap LKM berbasis CTL berada pada kategori Sangat Baik dengan persentase 92,63%.

Kata kunci: LKM, CTL, Analisis Kebutuhan, Persepsi

References

Aen, Rohatul. “Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakana Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA.” Journal of Elementary Education 03, no. 3 (May 21, 2020): 3. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4273.
Afifah, Rohmatun Nurul. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan.” Universitas PGRI, 2015. http://repository.upy.ac.id/227/.
Asrizal, Asrizal, Festiyed Festiyed, and Ramadhan Sumarmin. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII.” Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) 1, no. 1 (September 11, 2017): 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27.
Dewi, Mera Putri, and Firman Firman. “Pengaruh Lembar Kerja Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 3 (December 12, 2019): 170–76. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.41.
Hikmah, Sofiana, Dea Rizky Saputri, and Nur Ngazizah. “Lembar Kerja Siswa Dan Keterkaitan Dengan Kemampuan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran IPA.” Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Vol. 1, March 30, 2019. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1058.
Hindriana, Anna Fitri. “Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Diagram Vee Guna Memfasilitasi Kegiatan Laboratorium Secara Bermakna.” Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi 12, no. 1 (January 25, 2020): 62. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331.
Kelana, Jajang Bayu, and Fadly Pratama. Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: Lekkas, 2019.
Khairunnisa, Yasmine, Fitria Rizkiana, and Herlina Apriani. “Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Pada Materi Fotosintesis Terhadap Motivasi, Kemandirian, Dan Hasil Belajar.” Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 10, no. 2 (October 9, 2019): 121. https://doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6423.
Laksana, Dek Ngurah Laba, Yosefina Uge Lawe, Frumensia Ripo, Maria Oliva Bolo, and Tarsisius Donbosko Dua. “Lembar Kerja Siswa Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 5, no. 2 (February 17, 2020): 227–41. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13903.
Lestari, Astri, Evi Amelia, and Pipit Marianingsih. “Engembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learning) Sebagai Bahan Ajar Siswa SMA/MA Kelas XII Subkonsep Kultur In Vitro.” Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi 10, no. 1 (January 12, 2018): 32–44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.5.
Nurdyansyah, and Nahdliyah Mutala’liah. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 41, no. 20 (2015): 1–15.
Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis Dan Praktik. Jakarta: Kencana Predanamedia Group, 2014.
Reksamunandar, Rhyan Prayuddy. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Dasar Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 14, no. 2 (December 6, 2020): 205. https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1169.
Reyza, Muhammad, Arief Taqwa, Revnika Faizah, and Lugy Rivaldo. “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Topik Fluida Statis.” Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 4, June 30, 2019. https://doi.org/10.22437/EDUFISIKA.V4I01.6284.
Riduwan. Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011.
Risnawati, N K Ayu, and N K Yuni Antari. “Pendekatan Starter Eksperimen Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (November 30, 2019): 458. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21781.
Rosa, Wahidatul Fitria, and Endang Susantini. “The Validity Of Developing CTL Basedof Student Worksheet on The Topic of Ecosystem to Train The Science Process Skills of Senior High School Students for Class X.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). Vol. 9, September 30, 2020. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36766.
Sari, Rona Taula, and Ira Rahmayuni Jusar. “Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran IPA Berorientasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Quantum Learning Di Sekolah Dasar.” BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 8, no. 1 (May 30, 2017): 26. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i1.833.
Septiana Sari, Dwi, Mastarita Nova Wulanda, and Uin Sultan Thaha Saifuddin Jambi saridwiseptiana. “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa.” Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6, no. 1 (2019): 20–33. https://core.ac.uk/download/pdf/230374246.pdf.
Sulfemi, Wahyu Bagja. “Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 7, no. 2 (October 17, 2019): 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970.
Taqwa, M. “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Matakuliah Kalkulus Lanjut Di Masa Pandemi Covid-19.” In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Diselenggarakan Oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang, 263–75. Universitas PGRI Semarang Press, 2020. http://103.98.176.39/index.php/senatik/article/view/957.
Taufik, Irfan. “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” IQRO: Journal of Islamic Education Desember 2, no. 2 (2019): 163–74. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro.
Ummah, Heru Khoirul, and Insih Wilujeng. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Pemanasan Global Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMP Kelas VII.” Jurnal Pendidikan IPA 7, no. 1 (2018). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa/article/view/11636.
Wahyuningsih, Irna’s Dewi, Asep Hidayat, and Cucu Lisnawati. “Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi. Vol. 5, December 31, 2019. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/326.
Yudhi, Prima. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Mathematics Education (RME) Pada Materi FPB Dan KPK Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Menara Ilmu 11, no. 74 (2017). https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/84.

Downloads

Published

2021-06-30