Pemanfaatan Augmented Reality dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32332/2t0t9j41Abstract
Keterampilan abad 21 sangat penting dikalangan pendidikan, khususnya pada keterampilan berpikir kritis untuk membantu siswa mengatasi tantangan di era 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas pemanfaatan media pembelajaran augmented reality terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri 1 Purbalingga Lor. Metode penelitian yang diterapkan adalah kelas eksperimen one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Penelitian ini juga mengumpulkan data kusioner guna mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media augmented reality diperoleh dari ke tiga aspeknya yaitu motivasi 82.3, kemenarikan 82.1, dan rasa ingin tahu 83. Hasil pengujian diperoleh skor sebesar 0,5791 dengan kriteria berpikir kritis sedang dan kriteria interprestasi keefektifan berpikir kritis 57,9% yang berarti cukup. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa augmented reality mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis sehingga diharapkan dapat dikembangkan ke dalam materi berkaitan dengan lingkungan.
Kata Kunci: augmented reality; keterampilan berpikir kritis
References
Agustina, I. (2019). Pembelajaran Matematika di SD. Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika, December 2019, 17. https://shorturl.at/3DkT2
Ashari, D. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Khazanah Pendidikan, 17(1), 176. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16040
Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448
Filsaisme. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/TJ76P
Gustianingrum, R. A., Murni, A., & Maimunah. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menunjang Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 465–471. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66908/23857
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/1038
Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model poe2we Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 75. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731
Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).
Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Dan Praktek). In CV. Widya Puspita (Issue 57). http://repository.uinsu.ac.id/8959/1/Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf
Pamungkas, R. S. A., & Wantoro, J. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1286–1297. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7360
Rahmayani, S. S., Fitriani, D. N., Mujiati, A., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur : STEM Learning Berbasis Augmented Reality Guna Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 290–294. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2964
Retnaningtiyas, T. A., Suprapto, N., & Achmadi, H. R. (2021). Studi Literatur Pemanfaatan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 39–49. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p39-49
Siburian, J., Sinaga, E., & Murni, P. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Flipped Classroom Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 71–80. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i1.68213
Sukmana, R. W. (2018). Implementasi Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal |, 1(2), 113–119
.
Sulistyanto, H., Prayitno, H. J., Narimo, S., Anif, S., Sumardjoko, B., & Wardhani, N. W. (2024). A Study of The Use of Augmented Reality in Learning: Impacts on Increasing Students’ Critical Thinking Skills. Asian Journal of University Education, 20(2), 369–379. https://doi.org/10.24191/ajue.v20i2.27093
Susanti, E., Sutisnawati, A., Nurasiah, I., & Kritis, B. (2019). Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas Tinggi. Jurnal Kependidikan Utile, V(2), 123–133.
Utami, N., Setiawan, A., & Hamidah, I. (2023). a Bibliometric Analysis of Augmented Reality in Higher Education. Journal of Engineering Science and Technology, 18(3), 1599–1613.
Vivit Triana. (2024). Penerapan Media Assembler Eduberbasis Augmented Realitydalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritissiswa Sekolah Dasar. Multimedia, 18(2), 10–12.
Wahyuningsih, E., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). Pengaruh penggunaan media augmented reality dalam pembelajaran ipa kelas vi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam materi solar system. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 2550–2560.
Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 2, 1–17.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.