Model Problem Based Learning Berbasis Video Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32332/00gatq75Abstract
Keterampilan berpikir kritis pada era 5.0 menjadi keterampilan yang wajib dimiliki setiap siswa. Keterampilan ini membuat siswa menciptakan ide-ide baru yang dapat memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran. Namun, menurut data observasi di Sekolah Dasar Negeri Duri Kepa 17 Pagi, Jakarta Barat ditemukan bahwa masih terdapat siswa yang kurang tanggap memahami pembelajaran sehingga berdampak terhadap perkembangan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan problem bassed learning berbasis video interaktif dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan berpikir kritis siswa sekolah dasar, khususnya pada pelajaran matematika Kelas IV. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi kuantitatif, yaitu metode pra-eksperimen satu kelompok pretest-posttest. Sampling jenuh digunakan untuk memilih 21 sampel yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Duri Kepa 17 Pagi, Jakarta Barat. Pengumpulan data melalui tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan melalui dua tahapan. Uji normalitas lilliefors untuk menguji distribusi data dan uji paired sample t-test untuk membandingkan perbedaan skor pretest dan posttest. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan nilai (sig) 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan, bahwa problem bassed learning berbasis video interaktif, secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IV dalam pelajaran matematika yang diajarkan di sekolah dasar.
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, problem based learning, video interaktif
References
Adilah, G. P., & Rosyida, F. (2024). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microlearning di MAN 1 Malang.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 18(1), 466-483. DOI: 10.35931/aq.v18i1.2759
Agustiningsih, N., Yaningsi, N. W., & Effendi, M. H. (2022). “Encouraging Students’ Science Critical Thinking Skills Through a Problem-Based Learning Model.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 27(2), 120–130. DOI: 10.24090/insania.v27i2.6731
Aisyah, N. A., Abdullah, A. A., Mubarrok, M. N., Adawiya, R., & Sholihah, D. A. (2024). “Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-10. DOI:10.33365/jm.v6i1.2431
Almukarram, A., Sarong, M. A., & Apriana, E. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh.” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 4(1), 8-14. DOI: 10.22373/biotik.v4i1.1066
Anggraini, E., & Zulkardi, Z. (2020). “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mem-posing Masalah menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.” Jurnal Elemen 6(2), 167–182. DOI: 10.29408/jel.v6i2.1857
Ansari, L., Salwah, S., & Ekawati, S. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Kelas VIII SMP.” Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 3(2), 56–65.
Ardita, I. M., Yudana, I. M., & Dantes, K. R. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Interaktif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan di SMK PGRI 3 Badung.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(2), 2859–2872. DOI: 10.62775/edukasia.v4i2.691
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). “Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1), 294–303. DOI: 10.31004/cendekia.v4i1.209
Bakti, I., Kusasi, M., & Samsinar, S. (2023). “Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran dengan Model Project Based Learning pada Materi Koloid Berkonteks Lahan Basah.” Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 14(1), 130–141.
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). “Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(1), 93-100. DOI: 10.24127/ajpm.v9i1.2591
Florentina, N., & Leonard, L. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7(2), 96-106. DOI: 10.30998/formatif.v7i2.1877
Hage, G. (2020). “The Haunting Figure of the Useless Academic: Critical Thinking in Coronavirus Time.” European Journal of Cultural Studies 23(4), 662–666. DOI: 10.1177/1367549420926182
Hotimah, H. (2020). “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7(2), 5-11. DOI: 10.19184/jukasi.v7i3.21599
Indriani, L., Haryanto, H., & Gularso, D. (2022). “Dampak Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 6(2), 214–222. DOI: 10.23887/jppp.v6i2.48139
Marzuki, M., Wahyudin, W., Cahya, E., & Juandi, D. (2021). “Students’ Critical Thinking Skills in Solving Mathematical Problems; A Systematic Procedure of Grounded Theory Study.” International Journal of Instruction 14(4), 529–548. DOI: 10.29333/iji.2021.14431a
Mastuti, A. G., Abdillah, A., Sehuwaky, N., & Risahondua, R. (2022). “Revealing Students’ Critical Thinking Ability According to Facione’s Theory.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 13(2), 261–272. DOI: 10.24042/ajpm.v13i2.13005
Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 2(10), 961–973. DOI: 10.17977/um065v2i102022p961-973
Pancaningrum, D., & Wahyudi. (2022). “Efektivitas Model PBL dan Problem Solving Berbantuan Power Point Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(4), 1439–1448. DOI: 10.31949/jcp.v8i4.3273
Paramita, D. A., & Rini, Z. R. (2023). “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 10(1), 11–16. DOI: 10.30738/trihayu.v10i1.15570
Pramono, A., Tama, T. J. L. G., & Waluyo, T. (2021). “Analisis Arus Tiga Fasa Daya 197 KVA dengan Menggunakan Metode Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov.” Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer) 4(2), 213–216. DOI: 10.31598/jurnalresistor.v4i2.696
Putri, S. C., Barriyah, I. Q., Wibawa, S., & Nisa. A. F. (2024). “Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Tri N dengan Media Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(2), 7471–7485. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15145
Rahmawati, D., & Rahmawati, F. (2024). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Berbantuan Multimedia Padlet Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(3), 2429–2441.
Rohaeni, R., Sodikin, C., & Anggraeni, P. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) Berbantuan Video Animasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Perencanaan Manusia.” Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA) 7(2), 146-156.
Rosdiati, R. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 4 Rejang Lebong.” Jurnal Pendidikan Guru 4(3), 72–82. DOI: 10.47783/jurpendigu.v4i3.511
Sari, S. P., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2022). “Tingkat Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Permainan Monopoli pada Pembelajaran MAtematika di Sekolah Dasar.” JS (Jurnal Sekolah) 7(1), 105-111. DOI: 10.24114/js.v7i1.36901
Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmagati, O. P., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2020). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP.” Unnes Physics Education Journal 9(1), 18–26. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.3827
Utari, L., Destiniar, D., & Syahbana, A. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Jucama terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP.” Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 3(1), 35–47. DOI: 10.31851/indiktika.v3i1.5024
Wildaniati, Y., Santoso, A., & Dewi, R. S. I. (2024). “Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(1), 12–26. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9015
Zahra, F. A., & Hakim, D. L. (2022). “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pasca Pembelajaran Jarak Jauh.” Teorema: Teori dan Riset Matematika 7(2), 425-438. DOI: 10.25157/teorema.v7i2.7221
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.