Ragam Pemahaman Mahasiswa pada Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1679Keywords:
Ragam Pemahaman, Bahasa Arab, MahasiswaAbstract
Dalam sejarah pendidikan Islam, pendidikan bahasa Arab di Indonesia dimulai dari lembaga pendidikan non formal atau pondok pesantren. Perkembangan bahasa Arab semakin nampak dengan dimasukkanya pelajaran bahasa Arab dalam mata pelajaran formal di sekolah-sekolah agama. PGMI adalah salah satu jurusan di Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAIN Metro yang mencetak alumni siap terjun menjadi tenaga pendidik di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Kenyataan yang ditemui bahwa tidak semua mahasiswa PGMI berasal dari lulusan sekolah berbasis agama atau pernah tinggal di pesantren. Sebagian besar mereka merupakan alumni sekolah umum, dan belum mendapatkan materi bahasa Arab di sekolahnya. Mata kuliah bahasa Arab merupakan salah satu mata kuliah wajib di IAIN Metro. Pra survey pada jurusan PGMI diperoleh data bahwa mahasiswa mendapatkan nilai bahasa Arab rata-rata kelas yaitu 70, sedangkan yang mendapatkan nilai 85 hanya 6,8% nya dari total jumlah mahasiswa PGMI semester II sejumlah 104 orang. Yang mendapatkan nilai 60 ada 3 orang dan nilai gagal yaitu 1 orang. Adapun Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif-kualitatif. Dengan hasil akhir penelitian adalah; mahasiswa yang sudah mempelajari bahasa Arab pada sekolah berbasis agama sebelumnya tidak akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengikuti perkuliahan mata kuliah bahasa Arab di jurusan PGMI. Sementara mahasiswa yang belum pernah mempelajari bahasa Arab di bangku sekolah menemui kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2003.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. “Arti Kata Paham.” Diakses 10 Oktober 2019. https://kbbi.web.id/paham.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. “Arti Kata Ragam.” Diakses 9 Oktober 2019. https://kbbi.web.id/ragam.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Khalilullah, M. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.
Mawardi. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Sulawesi Selatan: Laskar Perubahan, 2015.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Mu’in, Abdul. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia: Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi. Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2004.
Rahmi, Novita. “Problematika Penerapan Sistem Nazhariyyah Al Wahdah Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Se-Kota Metro Tahun 2018.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 21, no. 01 (2019): 61–76. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1253.
Ridjaluddin F. N., dan Anang Rohwiyono. Bunga Rampai Pendidikan Islam. Jakarta: Pusat Kajian Islam FAI UHAMKA, 2008.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 1999.
Suja’i. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press, 2008.
Sukamto, Imaduddin, dan Akhmad Munawari. Tata Bahasa Arab Sistematis: Pendekatan Baru Mempelajari Tata Bahasa Arab. Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2007.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Thoifah, I’anatut. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani, 2006.