SINTESIS TEMATIK PERAN KONSELING GESTALT: KAJIAN LITERATUR TERHADAP INTERVENSI KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.32332/td093p51Keywords:
Kecemasan Sosial, Kesadaran Diri, Konseling Gestalt, Psikoterapi Humanistik, RemajaAbstract
Remaja merupakan kelompok usia yang rentan mengalami tekanan emosional, salah satunya adalah kecemasan sosial. Kondisi ini dapat menghambat perkembangan sosial dan akademik mereka. Konseling Gestalt, sebagai pendekatan humanistik yang berfokus pada kesadaran saat ini dan tanggung jawab pribadi, menawarkan kerangka intervensi yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan dan mensintesis temuan-temuan ilmiah terkini mengenai peran dan implementasi Konseling Gestalt dalam menangani kecemasan sosial pada remaja. Pendekatan yang digunakan adalah kajian pustaka terhadap berbagai sumber ilmiah. Teknik utama seperti empty chair dan permainan peran dianalisis dalam konteks intervensi psikologis yang dilaporkan. Hasil sintesis literatur menunjukkan bahwa dalam banyak literatur, teknik empty chair cenderung lebih dominan dan lebih efektif ketimbang teknik role play. Oleh karena itu, Teknik empty chair sering disebut juga Teknik yang khas dan ‘signature’ Gestalt. Konseling Gestalt secara konsisten diidentifikasi mampu meningkatkan kesadaran diri, menumbuhkan keberanian dalam berinteraksi sosial, serta membantu remaja mengelola emosi dengan lebih sehat. Namun, implementasinya sangat bergantung pada kesiapan emosional individu dan keterampilan konselor. Pemetaan ini menyimpulkan bahwa Konseling Gestalt terpeta sebagai alternatif intervensi yang fleksibel dan relevan untuk diterapkan dalam layanan psikologis remaja, baik di sekolah maupun dalam ranah nonformal lainnya.
References
Adhwa Kayla Safitri, Najma Aghnia Nurizza, Imalatul Khairat. 2025. “EMPTY CHAIR SEBAGAI MEDIA EKSPRESI EMOSI: STUDI LITERATUR DALAM KONTEKS TERAPI GESTALT.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10 (2).
Ahmad, Bukhari. 2021. “Pendekatan Gestalt : Konsep Dan Aplikasi Dalam Proses Konseling.” IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education 1 (2): 44–56. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/ijoc.v2i2.1975.
Aini, Jannatun, Dina Hajja Ristiani, and Sumarto. n.d. “Konseling Islami Menggunakan Pendekatan Gestalt Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa.” Jurnal Literasiologi 11 (2): 93–102. https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i4.
Ambarini, Belinda Fidi Madani and Tri Kurniati. 2021. “Hubungan Antara Perfeksionisme Dengan Kecenderungan Kecemasan Sosial Pada Remaja Akhir Pengguna Instagram.” Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM).
Amelia Safitri, Ali Rachman, Eklys Cheseda Makaria. 2021. “EFFECTIVENESS OF ROLE PLAYING IN IMPROVING SOCIAL INTERACTION SKILLS IN GRADE VIII STUDENTS OF PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL 25 BANJARMASIN.” JURNAL PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING 4 (3).
Chandra, Mutiara Putri, Netrawati, and Yeni Karneli. 2025. “Analisis Pendekatan Gestalt Dalam Konseling Kelompok : Kajian Literatur Sistematis.” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 2 (10): 353–57. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.15473226.
Damayanti, Risa, Hamid, Herlina, & Ismail, Ismaralandi. 2023. “Perbedaan Tingkat Kecemasan Sosial Pada Remaja Perempuan Di Kota Makassar Ditinjau Dari Locus of Control.” Journal of Correctional Issues 6 (2): 285-296. https://doi.org/https://doi.org/10.52472/jci.v6i2.230.
Habsy, Bakhrudin All, Choiril Ibadiyah Fikri, Fahmida Qurrotussalwa, Dwi Lutviani Septianingtyas, and Dwi Oktavia Naila Rahmah. 2024. “Mengenal Lebih Dekat Konseling Gestalt: Sebuah Studi Literatur.” Tsaqofah 4 (3): 1847–64. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i3.3002.
Irfani, Fariyatul, Marwah Yunika, Yulita Kurniawaty Asra, and Amirah Diniaty. 2024. “Penerapan Teknik Gestalt Dalam Konseling Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologi Pada Remaja.” Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak 6 (2): 163–75.
Jannah, Raudhatul, Syaiful Bahri, and Nurbaity. 2024. “Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Lima Fakultas Universitas Syiah Kuala.” Jurnal Suloh Bimbingan Konseling 9 (2): 96–106. https://doi.org/10.24815/BimbinganDanKonseling.
Keperawatan, Jurnal, and Profesional Jkp. 2024. “Abstrak Bahasa Inggris. 72” 12 (2): 72–87.
ldy Ferdiyansyah, Siti Latifa Zahara, Wahyu Puji Rahayu, Muhammad Alfan. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 5 (1).
Leigh, Eleanor, and David M. Clark. 2016. “Cognitive Therapy for Social Anxiety Disorder in Adolescents: A Development Case Series.” Behavioural and Cognitive Psychotherapy 44 (1): 1–17. https://doi.org/10.1017/S1352465815000715.
Lestari, Endang Sri. 2015. “Penerapan Konseling Gestalt Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Mengatasi Siswa Terisolir Pada Siswa Kelas VIII SMP 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.” Universitas Muria Kudus.
Mulyani, Kiki, and Yeni Karneli. 2022. “Mereduksi Kecemasan Dalam Pernikahan Dengan Konseling Gestalt.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 5 (3): 275–84. https://doi.org/10.26539/teraputik.53414.
Nandari, Ignathia. 2019. “EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK KURSI KOSONG TOPDOG VERSUS UNDERDOG UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020.”
Rahman, Imas Kania. 2017. “Gestalt Profetik ( G-PRO ) Best Practice Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Sufistik.” Bimbingan Dan Konseling 8 (1): 151–72.
Rizki Maulita, Muhammad Ubaidillah, Chasya Aghniarrahmah. 2024. “‘ Here and Now ’: Integrasi Pendekatan Psikologi Gestalt Dalam Memahami Karakteristik Anak Usia Dini.” Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini 7 (2).
Surtini. 2020. “EFEKTIVITAS KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK KURSI KOSONG DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS.”
Syahri, Lia Mita, Netrawati, and Syahrial. 2022. “Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Gestalt Untuk Mengatasi Quarter Life Crisis Pada Mahasiswa.” JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi 2 (1): 13–20.
Tang, Xinfeng, Qiwen Liu, Fangtong Cai, Hui Tian, Xincheng Shi, and Suqin Tang. 2022. “Prevalence of Social Anxiety Disorder and Symptoms among Chinese Children, Adolescents and Young Adults: A Systematic Review and Meta-Analysis.” Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.792356.
Tririzky, Reza, and Yeni Karneli. 2025. “Kajian Literatur Sistematis Aplikasi Teknik Kursi Kosong Gestalt Di Indonesia Dalam Membantu Permasalahan Psikologis Manusia.” Journal on Education 07 (02): 11744–52. https://doi.org/http://jonedu.org/index.php/joe.
Wiro Nuryono, Devi Ratnasari, Najwa Anisah Karim. 2025. “Implementasi Teknik Konseling Gestalt Dalam Menangani Masalah Adaptasi Mahasiswa Rantau.” Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal 3 (1): 77–85.
Yulianto, Eko. 2024. “PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA BIMBINGAN BELAJAR.” Jurnal Konseling Gusjigang 10 (1): 110.



