Beralih ke bagian utama
Beralih ke menu navigasi utama
Beralih ke bagian footer website
Open Menu
Terkini
Penyerahan Naskah
Arsip
Pengumuman
Tentang Kami
Tentang Jurnal Ini
Dewan Editor
Pernyataan Privasi
Kontak
Cari
Login
Beranda
/
Arsip
/
Vol 6 No 1 (2025): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Vol 6 No 1 (2025): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
DOI:
https://doi.org/10.32332/w772yv46
Diterbitkan:
2025-05-07
Articles
Implementasi Metode Montessori Dalam Mengembangkan Sensori Motorik Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 3 – 4 Tahun Di KB Babur Rahman Pakuniran
Alisyia Alfir Rahmah, Nur Fatimah, Debby Adelita Febrianti P
1-12
PDF
Implementasi Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurul Islam
Intan Firdausih, Terza Travelancya DP, Mahfudz Ali
13-21
PDF
Development Of Parenting Modules For Parental Knowledge In The Prevention Of Sexual Orientation Deviations From An Early Age In Early Childhood
Luluk Mariyam Fatchurrohmah, Sukiman Sukiman
22-34
PDF (Inggris)
Artikel ini mengkaji pemikiran Ibnu Khaldun terkait pola pendidikan anak dalam konteks keluarga sebagai institusi pendidikan yang pertama dan utama. Melalui metode studi pustaka, penelitian ini menemukan bahwa Ibnu Khaldun memiliki pandangan pendidikan yang menyeluruh dan visioner, yang tidak hanya menitikberatkan pada aspek intelektual, tetapi juga mencakup pembinaan akidah dan spiritualitas, moral dan sosial, keterampilan hidup, serta pengembangan sikap mandiri dan disiplin. Ia menekankan pentingnya pendidikan yang bertahap, sesuai konteks, dan berbasis pengalaman langsung, serta menolak metode pengajaran yang kaku dan menekan kreativitas anak. Gagasan-gagasannya sangat relevan dalam menjawab problematika pendidikan anak masa kini, terutama terkait dikotomi antara pendidikan agama dan umum, serta menurunnya peran keluarga akibat pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya integrasi nilai-nilai keislaman dalam kurikulum modern, penguatan peran keluarga dalam pendidikan anak, serta pengembangan strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan karakter dan keterampilan abad 21.
Inti Astutik, Norma Ita Solichah
35-45
PDF
Menu
MAIN MENU
REGISTER
LOG IN
FOCUS AND SCOPE
EDITORIAL TEAM
REVIEWER TEAM
CONTACT US
ABSTRACTING & INDEXING
JOURNAL HISTORY
SUBMISSIONS
SUBMIT
AUTHOR GUIDLINES
DOWNLOAD MANUSCRIPT TEMPLATE
ARTICLE PROCESSING CHARGES
SPONSHORSHIP
COLLABORATED
PUBLICATIONS
LICENSE & COPYRIGHT
PEER REVIEW PROCESS
ETHIC STATEMENT
PLAGIARISM SCREENING
JOURNAL MANAGEMENT
OPEN ACCESS POLICY
ARCHIVING POLICY
Template
TEMPLATE
Tools
TOOLS
Issn
ISSN
P-ISSN: 2746-2269 (
media cetak
)
E-ISSN: 2827-9166
(
media online
)
Visitors
VISITORS
View My Stats
Terbitan Terkini
Bahasa
العربية
English
Bahasa Indonesia
Informasi
Untuk Pembaca
Untuk Penulis
Untuk Pustakawan
Dikembangkan Oleh
Open Journal Systems