PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCES (AI) SEBAGAI RESPON POSITIF MAHASISWA PIAUD DALAM KREATIVITAS PEMBELAJARAN DAN TRANSFORMASI DIGITAL

Penulis

  • Kisno Kisno Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Nia Fatmawati Universitas Lampung
  • Revina Rizqiyani Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Siti Kurniasih Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Eka Mei Ratnasari Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7878

Kata Kunci:

Transformasi Digital, Artificial Intelligences, Pemanfaatan Teknologi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk  meninjau  penggunaan  dalam pemanfaatan teknologi  Artificial  Intelligence  (AI)  sebagai respon positif dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Institut Agama Islam Negeri Metro yang akan menghadapi tantangan besar sebagai calon  guru  di  era  digital, sehingga menjadi penting untuk memahami bagaimana tranformasi digital itu dilakukan.  Sebagaimana diketahui bahwa era  digital  telah  mengubah  lanskap  dunia pendidikan  begitu  cepat, memberikan pengaruh signifikan terhadap  peran, tugas dan tanggungjawab guru.  Para guru dan mahasiswa sebagai calon guru pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan dihadapkan  pada  tantangan  baru dalam mengelola informasi  yang bervariatif,  penyesuaian terhadap gaya belajar dan gaya mengajar yang dikemas dalam aktivitas pembelajaran bervariatif  menyesuaikan  kebutuhan  anak didik sebagai individu yang memiliki karakteristik berbeda-beda,  dan pemberian umpan  balik  (feedback) dengan prinsif keefektifan dan efisiensi terhadap anak didiknya.  Metodologi penelitian  yang digunakan  dalam penelitian ini adalah pendekatan  kualitatif  dengan menggunakan  instrumen penelitian dan studi  kepustakaan.  Teknik pengumpulan  data  dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian dan berbagai sumber kepustakaan yang relevan.  Analisis deskriptif terhadap data yang terkumpul dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat informasi  relevan, terkait  dan relate dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dengan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi  AI: pengelolaan tugas dan peran menjadi lebih efektif;  meningkatkan pembelajaran personal dan umpan balik yang efektif; kesiapan dalam menghadapi transformasi digital menjadi lebih baik; dan mengetahui tantangan besar dalam lanskap pendidikan ke depan, yakni penggunaan teknologi AI dalam Pendidikan, tantangan, dan etika penggunaannya.

Referensi

Arsana, I. N. A. (2021). Internet Of Things pada Bidang Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 195–201. https://prosiding.iahntp.ac.id

Bellei, C., & Munoz, G. (2023). Models of regulation, education policies, and changes in the education system: a long-term analysis of the Chilean case. Journal of Educational Change, 24(1), 49–76. https://doi.org/10.1007/s10833-021-09435-1

Br Sembiring, S. N., Winata, H., & Kusnasari, S. (2022). Pengelompokan Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 1(1), 31. https://doi.org/10.53513/jursi.v1i1.4784

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Crockett, K., Latham, A., & Whitton, N. (2017). On predicting learning styles in conversational intelligent tutoring systems using fuzzy decision trees. International Journal of Human Computer Studies, 97, 98–115. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2016.08.005

Elidatul Mawadah, Amirul Mukminin Al Anwari, Kisno Kisno, A. H. S. (2022). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada ANak Usia DIni di TK Raden Intan Gunung Pelindung. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(1), 13–23. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/

Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Helmi Akmal, H. S. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SEJARAH LOKAL MASA REVOLUSI FISIK DI KALIMANTAN SELATAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Helmi Akmal Heri Susanto Abstrak PENDAHULUAN Era abad ke-21 teknologi. Junal HISTORIA, 6(2), 197–206.

Hutagalung, J. (2022). Pemetaan Siswa Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 606–620. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1516

Kahar, M. I., Cika, H., Nur Afni, & Nur Eka Wahyuningsih. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol2.iss1.40

Kisno, Kisno and Fatmawati, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Dasar UNPAS, 2(1), 119–134. http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas

Kisno, K, & Fatmawati, N. (2023). Difusi Inovasi Aplikasi Quiver 3-D Berbasis Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 29–48. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9929

Kisno, Kisno, Wibawa, B., & Khaerudin, K. (2022). Development of Digital Storytelling Based on Local Wisdom. Wisdom, 4(3), 65–74. https://doi.org/10.24234/wisdom.v4i3.834

Kisno, Wibawa, B., & Khaerudin. (2022). Digital Storytelling for Early Childhood Creativity: Diffusion of Innovation “3-D Coloring Quiver Application Based on Augmented Reality Technology in Children’s Creativity Development". International Journal of Online and Biomedical Engineering, 18(10), 26–42. https://doi.org/10.3991/ijoe.v18i10.32845

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Education. Jurnal Sundermann, 1(1), 28–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., & Natasya, V. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Jounarl On Education, 06(01), 2689–2698.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792

McGee, J. B., & Kanter, S. L. (2011). How we develop and sustain innovation in medical education technology: Keys to success. Medical Teacher, 33(4), 279–285. https://doi.org/10.3109/0142159X.2011.540264

Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581

Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., , Herry Koestianto, D. I. S., & . (2023). EFEKTIF ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM BELAJAR DAN MENGAJAR. Jurnal Pendidikan SEROJA, 2(1). http://jurnal.anfa.co.id/

N. Aliff. (2019). Penerokaan Awal Terhadap Isu dan Impak Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan terhadap Kehidupan Manusia [Early Exploration Towards Issues and Impact the Use of Artificial Intelligence Technology Towards Human Beings]. Asian Journal of Civilizational Studies, 1(4), 24–33. http://www.ajocs.com/index.php/ajocs/article/view/25

Prabha Siddhesh Kadam and Vinod Moreshwar Vaze. (2021). Early Detection of Prone to Failure Student Using Machine Learning Techniques. Bioscience Biotechnology Research Communications, 14(5), 133–140. https://doi.org/10.21786/bbrc/14.5/26

Pujiono, A. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–89. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.15

Sangadji, K., Sangadji, B., & Kisno. (2022). Teacher Professional Practical Training Module for Teachers Assistant in Guiding Practice Students in Managing Learning. Journal of Education Technology, 6(3), 531–541. https://doi.org/10.23887/jet.v6i3.45996

Saputra, E. A., & Nataliani, Y. (2021). Analisis Pengelompokan Data Nilai Siswa untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Clustering K-Means. Journal of Information Systems and Informatics, 3(3), 424–439. https://doi.org/10.51519/journalisi.v3i3.164

Serdianus, S. T. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di. 3(1), 1–18. https://masokan.iakn-toraja.ac.id/

Stephenson, M. (2021). Northumbria Research Link (www.northumbria.ac.uk/nrl). Academy of Management, 51(September), 1–51.

Sucipto, A. S., , Adit Febrianto, Z. M. R., & Setiabudi, D. I. (2023). DAKWAH DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI: MANFAAT, TANTANGAN, DAN STRATEGI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM DAKWAH. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(1), 65–93. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/relinesia

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191

Supangat, S., Saringat, M. Z. B., & ... (2021). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa. … Konferensi Nasional Ilmu …, 270–279. https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/64

Trisna, P., Permana, H., Luh, N., Ning, P., Astawa, S. P., & Kunci, K. (2020). Artificial Intelligence dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 687–692. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Diterbitkan

2023-12-01