PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCES (AI) SEBAGAI RESPON POSITIF MAHASISWA PIAUD DALAM KREATIVITAS PEMBELAJARAN DAN TRANSFORMASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7878الكلمات المفتاحية:
Transformasi Digital, Artificial Intelligences, Pemanfaatan Teknologiالملخص
Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau penggunaan dalam pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai respon positif dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Institut Agama Islam Negeri Metro yang akan menghadapi tantangan besar sebagai calon guru di era digital, sehingga menjadi penting untuk memahami bagaimana tranformasi digital itu dilakukan. Sebagaimana diketahui bahwa era digital telah mengubah lanskap dunia pendidikan begitu cepat, memberikan pengaruh signifikan terhadap peran, tugas dan tanggungjawab guru. Para guru dan mahasiswa sebagai calon guru pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan dihadapkan pada tantangan baru dalam mengelola informasi yang bervariatif, penyesuaian terhadap gaya belajar dan gaya mengajar yang dikemas dalam aktivitas pembelajaran bervariatif menyesuaikan kebutuhan anak didik sebagai individu yang memiliki karakteristik berbeda-beda, dan pemberian umpan balik (feedback) dengan prinsif keefektifan dan efisiensi terhadap anak didiknya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan instrumen penelitian dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian dan berbagai sumber kepustakaan yang relevan. Analisis deskriptif terhadap data yang terkumpul dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat informasi relevan, terkait dan relate dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dengan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi AI: pengelolaan tugas dan peran menjadi lebih efektif; meningkatkan pembelajaran personal dan umpan balik yang efektif; kesiapan dalam menghadapi transformasi digital menjadi lebih baik; dan mengetahui tantangan besar dalam lanskap pendidikan ke depan, yakni penggunaan teknologi AI dalam Pendidikan, tantangan, dan etika penggunaannya.
المراجع
Bellei, C., & Munoz, G. (2023). Models of regulation, education policies, and changes in the education system: a long-term analysis of the Chilean case. Journal of Educational Change, 24(1), 49–76. https://doi.org/10.1007/s10833-021-09435-1
Br Sembiring, S. N., Winata, H., & Kusnasari, S. (2022). Pengelompokan Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 1(1), 31. https://doi.org/10.53513/jursi.v1i1.4784
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Crockett, K., Latham, A., & Whitton, N. (2017). On predicting learning styles in conversational intelligent tutoring systems using fuzzy decision trees. International Journal of Human Computer Studies, 97, 98–115. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2016.08.005
Elidatul Mawadah, Amirul Mukminin Al Anwari, Kisno Kisno, A. H. S. (2022). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada ANak Usia DIni di TK Raden Intan Gunung Pelindung. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(1), 13–23. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/
Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.
Helmi Akmal, H. S. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SEJARAH LOKAL MASA REVOLUSI FISIK DI KALIMANTAN SELATAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Helmi Akmal Heri Susanto Abstrak PENDAHULUAN Era abad ke-21 teknologi. Junal HISTORIA, 6(2), 197–206.
Hutagalung, J. (2022). Pemetaan Siswa Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 606–620. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1516
Kahar, M. I., Cika, H., Nur Afni, & Nur Eka Wahyuningsih. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol2.iss1.40
Kisno, Kisno and Fatmawati, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Dasar UNPAS, 2(1), 119–134. http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas
Kisno, K, & Fatmawati, N. (2023). Difusi Inovasi Aplikasi Quiver 3-D Berbasis Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 29–48. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9929
Kisno, Kisno, Wibawa, B., & Khaerudin, K. (2022). Development of Digital Storytelling Based on Local Wisdom. Wisdom, 4(3), 65–74. https://doi.org/10.24234/wisdom.v4i3.834
Kisno, Wibawa, B., & Khaerudin. (2022). Digital Storytelling for Early Childhood Creativity: Diffusion of Innovation “3-D Coloring Quiver Application Based on Augmented Reality Technology in Children’s Creativity Development". International Journal of Online and Biomedical Engineering, 18(10), 26–42. https://doi.org/10.3991/ijoe.v18i10.32845
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Education. Jurnal Sundermann, 1(1), 28–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., & Natasya, V. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Jounarl On Education, 06(01), 2689–2698.
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792
McGee, J. B., & Kanter, S. L. (2011). How we develop and sustain innovation in medical education technology: Keys to success. Medical Teacher, 33(4), 279–285. https://doi.org/10.3109/0142159X.2011.540264
Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581
Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., , Herry Koestianto, D. I. S., & . (2023). EFEKTIF ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM BELAJAR DAN MENGAJAR. Jurnal Pendidikan SEROJA, 2(1). http://jurnal.anfa.co.id/
N. Aliff. (2019). Penerokaan Awal Terhadap Isu dan Impak Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan terhadap Kehidupan Manusia [Early Exploration Towards Issues and Impact the Use of Artificial Intelligence Technology Towards Human Beings]. Asian Journal of Civilizational Studies, 1(4), 24–33. http://www.ajocs.com/index.php/ajocs/article/view/25
Prabha Siddhesh Kadam and Vinod Moreshwar Vaze. (2021). Early Detection of Prone to Failure Student Using Machine Learning Techniques. Bioscience Biotechnology Research Communications, 14(5), 133–140. https://doi.org/10.21786/bbrc/14.5/26
Pujiono, A. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–89. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.15
Sangadji, K., Sangadji, B., & Kisno. (2022). Teacher Professional Practical Training Module for Teachers Assistant in Guiding Practice Students in Managing Learning. Journal of Education Technology, 6(3), 531–541. https://doi.org/10.23887/jet.v6i3.45996
Saputra, E. A., & Nataliani, Y. (2021). Analisis Pengelompokan Data Nilai Siswa untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Clustering K-Means. Journal of Information Systems and Informatics, 3(3), 424–439. https://doi.org/10.51519/journalisi.v3i3.164
Serdianus, S. T. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di. 3(1), 1–18. https://masokan.iakn-toraja.ac.id/
Stephenson, M. (2021). Northumbria Research Link (www.northumbria.ac.uk/nrl). Academy of Management, 51(September), 1–51.
Sucipto, A. S., , Adit Febrianto, Z. M. R., & Setiabudi, D. I. (2023). DAKWAH DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI: MANFAAT, TANTANGAN, DAN STRATEGI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM DAKWAH. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(1), 65–93. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/relinesia
Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191
Supangat, S., Saringat, M. Z. B., & ... (2021). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa. … Konferensi Nasional Ilmu …, 270–279. https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/64
Trisna, P., Permana, H., Luh, N., Ning, P., Astawa, S. P., & Kunci, K. (2020). Artificial Intelligence dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 687–692. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License