Membangun Karakter Positif Dalam Pendidikan: Tantangan Dan Strategi Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan

Penulis

  • Fauziah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Gadis Anggun Fitrah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hawa Alfina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Faisal Hajmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.7155

Kata Kunci:

Kemampuan Bahasa, Pembelajaran Iqro, Permainan, Kartu Huruf

Abstrak

Pembangunan karakter positif pada individu adalah tujuan utama pendidikan. Namun, tantangan besar dihadapi dalam membentuk karakter positif. Artikel ini membahas tantangan dan strategi dalam upaya membangun karakter positif dalam pendidikan dalam perspektif psikologi pendidikan. Strategi seperti pendidikan karakter positif dan model pembelajaran kooperatif dapat membantu membangun karakter siswa yang positif. Dukungan dari lingkungan sosial, kerjasama antara pendidik dan orang tua, serta eksplorasi fungsi komunikasi yang efektif juga penting dalam pembentukan karakter positif. Artikel ini memberikan informasi penting bagi pendidik tentang cara memperbaiki metodologi dan membentuk lingkungan belajar sosial yang positif.

Referensi

Ahn, S. G. (2017). Parenting and Character Education: A Practical Guide to Influencing Children's Goodness, Kindness, and Positive Actions. Liberty Hill Publishing.

Berkowitz, M. W. & Bier, M. C. (2007). What Works in Character Education: A Research Driven Guide for Educators. Character Education Partnership.Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. PT Citra Aditya Bakti.

Hurlock, Elizabeth., B. (1989). Perkembangan Anak (Jilid I). Erlangga.
Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak Jilid 1 (4th ed.). Erlangga.
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama.
Mutia. N.H, D. (2018). Peningkatan mengenal huruf hijaiyah melalui mediakartu huruf. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/4676/3363
Nurhayati. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Taduloko Online, 4(10). https://media.neliti.com/media/publications/119039-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan.pdf
Nurkholis. (2016). Membangun Karakter Positif dalam Pendidikan: Tantangan dan Strategi dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Sadiman. (2018). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. (14th ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, I. (2018). Penerapan Metode Iqro’ dan pengaruhnya terharap kemampuan membaca Al-Qur’an Murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 3(1). http://jurnal.umtapsel.ac.id /index.php/al-muaddib/article/ view/370/301
Suriansyah, A. & A. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (J. D. & Jamalie.Z (ed.); 1st ed.). comdes. https://idr.uin-antasari .ac.id/6632/1/Buku Strategi Pembe lajaran.pdf
Trisnawati, N. (2017). Implementasi Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Iqro’ di Raudhatul Athfal Cut Mutia Desa Dagang Kelambir Kecamatan Tanjung Morawa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa anak Usia Dini Dan Teknik pengembangannya disekolah. Cakrawala Pendidikan (Jurnal Ilmiah Pendidikan, (3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7600/pdf

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-01