Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak Dan Lagu

المؤلفون

  • Zahra Nursyahadati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuyun Yulianingsih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syam'iyah Syam'iyah

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.8220

الكلمات المفتاحية:

Metode Gerak dan Lagu، Kemampuan Mengingat، Kosakata Bahasa Arab، Anak Usia Dini

الملخص

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan mengingat kosakata bahasa arab pada anak usia dini yang belum berkembang secara optimal, oleh karena itu diperlukan suatu metode menarik yang dapat membantu perkembangan anak secara efektif, salaah satunya yaitu metode gerak dan lagu yang dapat memudahkan anak memberikan rangsangan atau informasi berisi materi pembelajaran serta melatih konsentrasinya melalui kegiatan bernyanyi sambil bergerak sesuai irama lagu. Tujuan peneilitian ini ilaah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan mengingat kosakata bahasa arab pada anak setelah diterapkan metode gerak dan lagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif, dengan subjek berjumlah 16 orang anak. Berdasarkan hasil analisis penelitian awal sebelum diterapkan metode gerak dan lagu, kemampuan mengingat kosakata bahasa arab anak memiliki nilai rata-rata 37%. Kemudian, setelah diterapkan metode gerak dan lagu, terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan mengingat kosakata bahasa arab pada anak usia dini, yaitu: (siklus I) nilai rata-rata presentase sebesar 52%, dan (siklus II) nilai rata-rata presentase meningkat menjadi 76%. Dengan demikian, terbukti bahwa metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa arab pada anak usia dini.

المراجع

Agustina, I. F. (2020). Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Anak Usia 5-6 Tahun.
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Penerapan Metode Gerak Dan Lagudalampembelajaran Bahasa Arabdi Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Prambanan Klatentahun Ajaran 2017-2018 (Issue July, pp. 1–23).
Amin, M., Ilham, I., & Muchlis, M. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Metode Menyanyi Di Mts Nurul Jihad Kota Bima. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 6(1), 72–82. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v6i1.890
Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2017). Penelitian tindakan kelas (PTK) TK/RA, SLB, dan TK (Nurhid (ed.); Cetakan I). Ar-Ruzz Media.
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212
Husna, L., & Ma’ruf, A. (2019). Implementasi Metode Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Dan Inggris (di Taman Kanak-kanak PesantrenAnak Sholeh Al-Ihlas Capang). Mafhum, 4(1), 43–60.
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Kemendikbud. (2018). Penilaian Pembelajaran PAUD. Jurnal Pendidikan, 5(021), 9–39.
Kementrian Agama Republik Indonesia. (n.d.). KMA 347 TAHUN 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN-Maliki Press.
Presiden Republik Indonesia. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pulukadang, W. T., & Laiya, S. W. (2010). Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Gerak Dan Lagu Pada Anak Kelompok B Di Tk Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.
Rahayu, R. (2022). Aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu hubungannya dengan kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak: Penelitian di Raudhatul Athfal Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar Babakan Sirna Leuwisadeng Bogor. 13.
Rif’atin, R. (2019). Optimalisasi Metode Gerak serta Lagu untuk Meningkatkan Kecerdasan Peserta Didik. AS-SABIQUN, 1(1), 68–79. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.178
Shobirin, Ahmadi, Isnol Khotimah, & Nurhotimah. (2022). Penerapan Metode Ghina’ dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa Kelas IV SD. Islam Insan Terpadu. Jurnal Mu’allim, 4(2). https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3190
Sudjono, T. K., & Kusumastuti, E. (2017). Proses Pembelajaran Gerak Dan dagu yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 di Tk Miryam Semarang. Jurnal Seni Tari, 6(2), 1–9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst
Sukardi. (2005). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Suryana, D. (2014). Hakikat Anak Usia Dini: Dasar-dasar Pendidikan TK. Universitas Terbuka.
Uno, H. B., Lamatenggo, N., & Koni, S. M. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional (D. Ispurwanti (ed.); Cet.1). Bumi Aksara.
Wahyuningsih, E. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Papan Flanel. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

التنزيلات

منشور

2023-12-31