Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini

المؤلفون

  • Retno Risti Darmawanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.6669

الكلمات المفتاحية:

Pola Asuh Orangtua, Karakter, Anak Usia Dini

الملخص

Salah satu faktor utama keberhasilan pendidikan adalah pola asuh orangtua, oleh sebab itu orangtua harus lebih memperlihatkan pola asuh yang diberikan kepada anak untuk membentuk karakter sejak dini, sehingga setelah anak tumbuh dewasa, ia akan tumbuh menjadi manusia yang berkarakter sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya, keterkaitan pola asuh orangtua dengan membentuk karakter anak usia dini dimaksudkan sebagai upaya orangtua dalam meletakkan dasar-dasar karakter pada diri anak, anak yang ditanamkan karakter sejak dini akan memiliki keteraturan diri berdasarkan nilai agama, nilai budaya, aturan-aturan pergaulan, pandangan hidup, dan sikap hidup yang bermakna bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak telah mulai mampu berbicara sopan dan berperilaku yang baik kepada semua orang, memiliki sikap religius, mandiri, tidak egois, menghormati orang lain, serta disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

المراجع

Abu Ahmadi dan Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet 1
Ahmad Susanto. 2011. PerkembanganiAnak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
AnasiSalahudin dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikani iKarakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia. Cet 1
Ary, Gunawan H. 2000.i Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Dindin Jamaluddin. 2013. Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: CV Pustaka Setia
Eni Setyowati. 2018. Pendidikan Karakter Fast. CV Budi utama, Yogyakarta.
Elfans. 2019. “Metode-metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini “, Edu Publisher, Jawa Barat.
Hastuti dan Zamralita. 2004. “Penyesuaian Diri Orang Tua yang Memiliki Anak Retardasi Mental Ringan”. Jurnal ilmiah psikologi “ARKHE”
Hastuti. 2012. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Tugu Publisher. Cet 1
Helmawati. (2018). Pendidikan Keluarga. Remaja Rosdakarya
Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Imroatun, I., Nirmala, I., Juhri, J., & Muqdamien, B. (2020). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 57–66.
Majid, Abdul. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mansur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. Cet 1
M. Ngalim Purwanto. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muchlas Samani dan Hariyanto. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
MohammadiSaroni. 2019. Pendidikan Karakter Tanpa Kekerasan Upaya Membentuk Karakter Bangsa yang lebih Baik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Nana Prasetyo. 2011. Membangun Karakter Anak usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Nurjanah Zakiyah, Nurhikmah dan Asiyah. 2021. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi COVID-19. Vol. 6, No. 2, Desember 2021, 127-138
Rahmad Rosyadi. 2013. Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Konsep dan Praktik PAUD Islam). Jakarta: Rajawali Pers, Cet 1
Singgih Gunarsih. 2007. Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alvabeta
Uswatun Hasanah. 2016. Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak. Vol. 2 Edisi 2 Juli 2016
Zakiah Daradjat. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

منشور

2023-05-26