BENTUK-BENTUK INSTRUMEN DALAM MENILAI PENGUASAAN MUFRODAT

Penulis

  • Selma Meila Puspita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syihabuddin Syihabuddin Universitas Pendidikan Indonesia ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijalt.v2i02.2466

Kata Kunci:

instrument, mufrodat, Arabic book for grade VII the Ministry of Religion

Abstrak

Bahasa Arab merupakan bahasa kedua yang dipelajari banyak madrasah dan pesantren di Indonesia. Penting untuk terus meningkatkan kualitas pemebelajaran Bahasa Arab dengan cara mengevaluasi seluruh kegiatan pembelajaranya. Salah satunya adalah evaluasi intrumen penilaian. Instrumen penialian adalah alat yang digunakan untuk memperoleh data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Dalam pendidikan terdapat banyak bentuk instrumen penilaian yang dapat dipergunakan untuk mengukur dan menilai proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Pembelajaran mufrodat sebagai objek kajian pada penelitian ini pun menggunakan bermacam bentuk instrument penilaian. Pada buku bahasa Arab kelas VII yang diterbitkan oleh Kementrian Agama tahun 2014, bisa kita temukan bentuk-bentuk istrumen penilaian penguasaan mufradât tersebut. Satu diantaranya merupakan instrument yang serupa yang telah dikembangkan dalam sebuah penelitian seperti intrumen gambar (card). Adapun bentuk lainnya seperti instrument uraian, pilihan ganda, menuyusun kata, menjodohkan dan lain sebagainya adalah intrumen popular yang juga digunakan pada buku ini.

Diterbitkan

2021-01-21

Cara Mengutip

BENTUK-BENTUK INSTRUMEN DALAM MENILAI PENGUASAAN MUFRODAT. (2021). Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa Arab, 2(02), 213-231. https://doi.org/10.32332/ijalt.v2i02.2466