Apakah Model Pembelajaran Conceptual Change dengan Konflik Kognitif dapat Mereduksi Miskonsepsi dan Meningkatkan Self Regulation?

Authors

  • Nukhbatul Bidayati Haka Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Clara Apriyanti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Hardiyansyah Masya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Akbar Handoko Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mivtha Citraningrum Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9012

Keywords:

Konflik Kognitif, Miskonsepsi, Model Conceptual Change, Self Regulation

Abstract

Miskonsepsi dalam pembelajaran selalu menjadi permasalahan penting yang harus ditindak lanjuti, kesulitan peserta didik dalam memahami materi biologi, penggunaan pola piker intuitef dan tidak menggunakan pola pokor ilmiah menjadi sorotan penting. Tujuan Penelitian untuk mengetahui  pengaruh penerapan model pembelajaran Conceptual Change dengan konflik kognitif terhadap miskonsepsi dan self regulation peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis quasy-experiment dan pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTS Negeri, dengan dua kelas menjadi sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes multiple choice dengan certainty of response indexs, angket self regulation, keseluruhan instrumen telah melalui tahapan analisis pokok uji. Hasil penelitian menunjukkan data reduksi miskonsepsi, pada kelas eksperimen nilai reduksi 40% menjadi 18% dan kelas kontrol nilai reduksi 42% menjadi 33% sedangkan self regulation  mengalami peningkatan pada kelas eksperimen 56% (kurang ) menjadi 66% (cukup) dan kelas control 58% (kurang)  menjadi 59% (cukup). Diketahui bahwa perolehan nilai uji t independent  sig. (0.00) lebih kecil dari α 0.05 (0.00<0.05) dengan demikian artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan model Conceptual Change dengan konflik kognitif berpengaruh terhadap reduksi miskonsepsi dan peningkatan self regulation

References

Adnan, Mulbar, U., Sugiarti, & Bahri, A. (2021). Scientific literacy skills of students: Problem of biology teaching in junior high school in South Sulawesi, Indonesia. International Journal of Instruction, 14(3), 847–860. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14349a

Agustin Wulandari, Sumarno, & Joko Siswanto. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Dan Miskonsepsi Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipa Materi Fotosintesis. Ibtidai’Y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 19–26. https://doi.org/10.24239/ibtidaiy.vol3.iss2.45

Anisa, Magfirah, N., & Thahir, R. (2021). Peranan Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa ( The Role of Self Efficacy and Self Regulated Learning on Student Academic Achievement ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 63–70.

Arista Dini, L. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Teknik Certainty Of Response Index Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Bioedu Jurnal, 8.

Astuti, R. T. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2022. 6–14.

Berg, E. Van Den. (1991). Miskonsepsi fisika dan remidiasi. Universitas Kristen Satya Wacana.

Bidayati Haka, N., Dara Adinda, F., Hamid, A., & Biologi, P. (2022). Reduksi Miskonsepsi Dan Peningkatan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Melalui Model Creative Problem Solving Pada Materi Keanekaragaman Hayati Reducing Misconception and Increasing Students’ Emotional Intelligence Through Creative Problem Solving Model o. 6, 73–84. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Cahyanto, B., & Afifulloh, M. (2021). Instrumen Self-Asessment Berbasis Self-Regulated Learning untuk Penilaian Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa. 345–355.

Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif (H. P. Soetjipto & S. M. Soetjipto (trans.) (5th ed.). Pustaka Pelajar.

Dahar, R. W. (2012). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Erlangga.

Deadmond, M., Kolbet, K., & Loranz, D. (2018). What the Hake? Using Normalized Gain to Measure Student Learning Professional Development Days. January.

Dewi, E. P., & Wulandari, F. (2021). Identification of Misconceptions in Science Learning During the Covid-19 Pandemic Using the CRI (Certainty of Response Index) Method for Primary school Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 145–150. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.876

Dewi, N. P., & Purnomo, A. R. (2021). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 9(3), 422–428.

Duda, H. J., Wahyuni, F. R. E., & Setyawan, A. E. (2020). Misconception of the biology education students on the concepts of fermentation. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042006

Duda, Hilarius Jago, Wahyuni, F. R. E., & Setyawan, A. E. (2020). Plant biotechnology: Studying the misconception of biology education students. AIP Conference Proceedings, 2296(2). https://doi.org/10.1063/5.0030449
Fackler, A. (2021). When Science Denial Meets Epistemic Understanding. Science & Education, 30(3), 445–461. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00198-y

Fauziyah, S. N., & Hamdu, G. (2021). Analisis Item Instrumen Pengukur Kompetensi Berpikir Kritis Siswa Berbasis ESD di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 55. https://doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.4742

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review. 1(2), 85–114.

Fraenkell, J., Wallen, N. F., & Helen, H. (2009). How To Design And Evaluate Research In Education. McGraw-Hil.

Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. E-Journal.Unipma, 7(1), 101–117.

Haka, N. B., Pratiwi, V. D., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Self Regulation Biologi Kelas XI : Pengaruh Model Auditory , Intellectually dan Repatition ( AUDI-IR ). 3, 16–31.

Hake, R. R. (1998a). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hake, R. R. (1998b). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hamid, A., & Haka, N. B. (2021). Reduction of Students’ Biological Misconceptions through the Conceptual Change Model Integrated with Android-Based Quran. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 87–101. https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.7431

Harding, S. M. (2018). Self-regulated learning in the classroom. As part of the realising the potential of Australia’s high capacity students linkage project. Melbourne Graduate School of Education. Assessment Research Centre. Assessment, August.

Hasanah, N., Hidayat, A., & Koeshandayanto, S. (2020). Pengaruh strategi konflik kognitif ditinjau dari kemampuan awal siswa untuk mengurangi miskonsepsi pada materi gelombang mekanik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(5), 624–629. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13481

Haugg, A., Frei, N., Menghini, M., Stutz, F., Steinegger, S., Röthlisberger, M., & Brem, S. (2023). Self-regulation of visual word form area activation with real-time fMRI neurofeedback. Scientific Reports, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.1038/s41598-023-35932-9

Ibrahim, Gunawan, & Kosim. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery Dengan Pendekatan Konflik Kogniti. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 214–218.

Ita Parwati, Muh. Makhrus, I. W. G. (2019). Pengaruh Pendekatan Konflik Kognitif Terhadap Penurunan Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 280–286.

Jack R Fraenkel Wallen, Norman, E., & Helen, H. (2012). How to design and evaluate research in education (7th ed.). McGraw-Hill.

Jin, S. H., Im, K., Yoo, M., Roll, I., & Seo, K. (2023). Supporting students’ self-regulated learning in online learning using artificial intelligence applications. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00406-5
Kang, H. C. S. (2010). Cognitive conflict and situational interest as factors influencing conceptual change. International Journal of Environmental & Science Education, 5(4), 383–405.
Kurroti A’yun, & S. (2020). Hubungan Tingkat Konflik Kognitif Terhadap Beban Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Kimia. Uniqbu Journal Of Exact Sciences ( UJES ), 1(April), 1–8.
Mataka, L., & Taibu, R. (2020). A multistep inquiry approach to improve pre-service elementary teachers’ conceptual understanding. International Journal of Research in Education and Science, 6(1), 86–99. https://doi.org/10.46328/ijres.v6i1.677
Mustofa, R. F. (2022). The Correlation between Generic Skills and Metacognitive Skills of Biology Education Students in Tasikmalaya Indonesia Through Problem-Based Learning Model.
Ni Made Ary Suparwati. (2022). Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 341–348. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.591
NSW. (2017). Cognitive load theory: Research that teachers really need to understand. Centre for Education Stratistics and Evaluation, August, 12.
Nukhbatul Bidayati Haka, Putri Wiwin Handayani, Bambang Sri Anggoro, & Abdul Hamid. (2021). Developing Android-Based Educational Puzzle Game For Biology To Improve Students’ Cognitive Ability. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi, 12(1), 51–64.
Pebrianti, D. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X Sman 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 150. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v2i1.296
Pebriyanti, D., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Efektifitas model pembelajaran perubahan konseptual untuk mengatasi miskonsepsi fisika pada siswa kelas X SMAN 1 Praya Barat tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 92–96. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/241
Permatasari, R., & Akip, M. (2019). Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif. 8. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1107
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.
Puspita, L., Supriadi, N., & Pangestika, A. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X Man 2 Bandar Lampung. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 01. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2871
Puspita Sari, E., Haka, N. B., & Supriyadi, S. (2022). Analisis HOTS Dan Kemandirian Belajar : Pembelajaran Biologi Kelas 10 Menggunakan Model Multipel Representasi. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 4(2), 109. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v4i2.4791
Putra, R. A., & Daryanes, F. (2021). Analisis Self Regulation Guru Biologi Sma Negeri Kota Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1, 1–6.
Rachmawati, T. N., & Supardi, Z. A. I. (2021). Analisis Model Conceptual Change dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika dengan Metoda Library Research. 5(2), 133–142.
Rahmawati, S., Taufik, M., Harjono, A., & Zuhdi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 2(1), 6–10.
Sabrina, S. A., Rokhimawan, M. A., & Rahmawan, S. (2022). Reduksi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Asam Basa. 12(2), 75–83.
Sahil, J., Hasan, S., Haerullah, A., Saibi, N., Biologi, P., Keguruan, F., Khairun, U., Bandara, J., Kel, B., Kota, A., & Utara, T. (2021). Penerapan Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Ternate. 7(1).
Saleem Hasan, Diola Bagayoko, E. L. K. (2014). „Misconceptions and the Certainty of Response Index ( CRI )‟. Journal off Physics Education,.
Samaduri, A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Yang Diukur Menggunakan Tes Pilihan Ganda Beralasan Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 109. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1466
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Prenada Media Group.
Sari, M. W., & Nasrudin, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2), 315–324.
Scott, S., & Mcneish, D. (2013). School leadership evidence review : using research evidence to support school improvement. April, 1–38.
Soeharto, Csapó, B., Sarimanah, E., Dewi, F. I., & Sabri, T. (2019). A review of students’ common misconceptions in science and their diagnostic assessment tools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 247–266. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.18649
Sternberg, R. (2008). Psikologi Kognitif. Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2017). metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D.
Sutopo. (2018). Konflik Kognitif Pada Pembelajaran Pecahan Di Sdi Surya Buana Malang Sutopo Dosen IAIN Tulungagung. 117–135.
Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Rosda.
Takács, R., Takács, S., T Kárász, J., Horváth, Z., & Oláh, A. (2021). Exploring Coping Strategies of Different Generations of Students Starting University. Frontiers in Psychology, 12(September), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.740569
Trisnawati, E. K. A. (2019). Analisis Miskonsepsi Pada Konsep Dasar Ipa Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) Eka Trisnawati. 9(2).
Utami, P., & Kurniawati, U. P. Y. W. (2022). Pengembangan Lks Berbasis Conceptual Change Model (CCM) pada Mata Pelajaran IPA untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas PGRI …, Ccm. http://repository.upy.ac.id/3621/
Vosniadou, S, S. (2019). Conceptual change from the framework theory side of the fence. Instructional Science, 6, 795–808.
Zakiah, S., & Tatang, D. H. (1907). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. 130–136.
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive Of Self-Regulated academic Learning. Journal Of Educational Psychology, 81(3), 329.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Apakah Model Pembelajaran Conceptual Change dengan Konflik Kognitif dapat Mereduksi Miskonsepsi dan Meningkatkan Self Regulation?. (2024). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(1), 1-19. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9012