Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Kerjasama dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Genetika

Authors

  • Dewi Maisaroh Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Virani Rika Saputri Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Vifty Octanarlia Narsan Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7596

Keywords:

Problem based learning, Keterampilan kerjasama, Hasil belajar

Abstract

Model Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam memecahkan suatu masalah pada kehidupan nyata. Model pembelajaran problem based learning ini juga merupakan salah model pembelajaran yang dapat memfasilitasi munculnya keterampilan abad 21. Hasil belajar dan keterampilan kerja sama merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pre-experiment dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 53 mahasiswa semester 4 program studi Tadris Biologi pada IAIN Metro 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis untuk pengumpulan data hasil belajar yang berjumlah 25 soal pilihan ganda dan lembar observasi keterampilan kerjasama untuk mengumpulkan data keterampilan kerjasama mahasiswa berjumlah delapan pernyataan. Berdasarkan data hasil penelitian keterampilan kerjasama diketahui bahwa indikator kekompokan dalam tim merpakan indikator kerjasama yang memiliki presentase tertinggi dengan skor 96%. Dan berdasarkan uji statistik hasil belajar mahasiswa data tidak berdistribusi normal, maka dilanjutkan dengan uji nonparametrik diantaranya uji Wilcoxon, Mann-Whitney, dan Kruskal Willson yang didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,001 ˂ 0,25 yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan PBL terhadap hasil belajar mahasiswa.

 

References

Agustinus, M. D., Yusuf, M., & Subagya. (2023). Model Pembelajaran PBL Berbasis PT-LS terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains. Journal of Education Action Research, 7(2), 291.

Aji, P. W. W., & Sulandjari, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menganalisis Bahan Makanan dari Unggas dan Hasil OlahannyaPada Siswa elas X SMN 1 Bduran Sidoarjo. e-Journal Tata Boga, 8(1), 177–185.

Andayani, M. S. L., & dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Peningkatan Komunikasi Ditinjau dari Sikap Kemandirian Mahasiswa Prodi D III Kebidanan Undiksha. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 109.

Asari, A., Zulkarnaini, Hartatik, Anam, A. hoirul, & Suparto. (2023). Pengantar Statistika. PT. Mafy Media Literasi Indonesia.

Aslami, A. D., KHB, Moh. A., & H., D. E. (2019). Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of educational Research and Riview, 2(3), 365–366.

Azizah, dkk. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Nobangan terhadap Nilai Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5766.

Balqist, A. K., & dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatakan Pengetahuan Siswa pada Materi Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (K3) di SMK Negeri 3 Blitar. Journal on Education, 06(01), 7245–7246.

Burhanuddin, & In, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 72.

Fitriyyah, S. J., & dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir ritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global. BIOEDUASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(1).

Huljanah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Educator, 2(2), 165.

Irwansyah, M., & Perkasa, M. (2022). Scientific Approach dalam Pembelajaran Abad 21. PT. Nasya Expanding Management.

Kartini, D. (2022). Relevansi Strategi Pembelajaran Prob;em Based Learning (PBL) dengan eterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9092.

Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. INVERTED: Journal of Information Technology Education, 2(1), 4.

Lestari, A. T. (2022). Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together untuk Meningkat Kemampuan Matematika. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Lutfiah, W., & dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 2096.

Maulida, Y. N. (t.t.). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar. MUADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 4(1), 20.

Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Bihari:Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 3(2), 60.

Mutawali. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di elas V MI Nurul Ialam Sekarbela Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Mataram.

Narsan, V. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik pada Matkuliah Telaah Biologi. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 119.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Respresentation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 164.

Sari, B. T. K., & Firsolia, K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Group Investigation Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 266.

Setiawati, G. A. D. (2019). Lesson Study dalam Mata uliah Genetika Melalui Model Problem Based Learning pada Program Studi Pendidikan Biologi UNMAS Denpasar. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(2), 66.

Suryanto, S. (2023). Inovasi dan Difusi Inovasi Pendidikan (Pendidikan Biologi). PT. Nas Media Indonesia.

Widiyanto. (2020). Pengaruh LMS Schoology terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Diklat PP Angkatan VI BD Surabaya. Edutrained, 4(1), 57.

Yusvadila, W. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Profesi Kependidikan, 2(2), 105–110.

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Kerjasama dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Genetika. (2023). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(2), 106-119. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7596