Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Genetika Selama Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4874Keywords:
Mind Mapping, learning motivation, Genetics course, online learningAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mind mapping terhadap motivasi belajar mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran daring selama masa Pandemik Covid-19 pada mata kuliah Genetika. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 60 orang mahasiswa Program Studi Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 10 orang mahasiswa laki-laki dan 50 orang mahasiswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data survey. Adapun surveynya dalam bentuk kuisioner yang dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa Aspek yang diteliti dalam penelitian ini ada 8 indikator motivasi belajar, yaitu: konsentrasi, rasa ingin tahu, semangat, kemandirian, kesiapan, antusias atau dorongan, pantang menyerah, dan percaya diri. Adapun aspek yang dinilai dalam penelitian berjumlah 16. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari 8 indikator motivasi belajar menunjukkan skor rata-rata persentase sebesar 80,27 % dengan kriteria sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ditengah pandemic Covid-19, tidak menjadi alasan bagi mahasiswa untuk memiliki motivasi belajar yang tinggi pada matakuliah Genetika selama pembelajar daring