Penerapan Metode Field Trip Berbasis Cooperative Learning terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa

Authors

  • Vifty Octanarlia Narsan Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4262

Keywords:

Field Trip, Cooperative Learning, Keterampilan Kerjasama

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari methods field trip berbasis cooperative learning terhadap keterampilan kerja sama siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen. Subyek terdiri dari 35 siswa. Keterampilan kerja sama diobservasi dari cara siswa melakukan kerja dalam kelompoknya selama proses pembelajaran berlangsung. Keterampilan kerja sama diukur menggunakan lembar observasi yang berisi 7 pernyataan, rubrik keterampilan kerja sama, dan direkam selama proses pembelajaran. Bentuk lembar observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk skor 0-3. Data hasil analisis lembar observasi dan angket keterampilan kerja sama dianalisis menggunakan cara menghitung persentase. Proses keterlaksanaan metode field trip berbasis cooperative learning dapat dianalisis menggunakan lembar observasi dan rubrik proses keterlaksanaan metode field trip berbasis cooperative learning serta LKS dan rubrik penilaian LKS. Data yang diperoleh dari penelitian ini mengungkapkan penerapan methods field trip berbasis cooperative learning mempengaruhi keterampilan kerja sama siswa. Sehingga temuan ini dapat dipertimbangkan oleh pendidik pengetahuan dalam memilih metode pengajaran untuk meningkatkan keterampilan kerja sama siswa.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Penerapan Metode Field Trip Berbasis Cooperative Learning terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa. (2021). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(2), 172-183. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4262