Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Dosen dan Karyawan dalam Mengembangkan Sistem Informasi Akademik di STAIN Jurai Siwo
DOI:
https://doi.org/10.32332/tapis.v1i02.959Keywords:
Motivasi Kerja, kinerja dosen, kinerja karyawan, sistem informasi akademik, STAIN Jurai Siwo MetroAbstract
Perkembangan globalisasi dan era informasi yang disertai dengan semakin terbukanya perdagangan bebas merupakan tantangan dalam pelaksanaan pembangunan Bangsa Indonesia. Menghadapi tantangan tersebut, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan pembangunan antara lain dengan pendayagunaan aparatur Negara dan meningkatkan sumber daya manusia termasuk pada institusi pendidikan. STAIN Jurai Siwo Metro sebagai penyelenggara Pendidikan Tinggi menjadi bagian yang sangat panting terkait pengelolaan pendidikan dalam keikutsertaannya mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Tercapainya tujuan organisasi pendidikan tidak hanya tergantung pada ketersediaannya sarana dan prasarana yang memadai, akan tetapi tergantung juga pada peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melaksanakan tugas dan perannya. STAIN Jurai Siwo Metro merupakan satu-satunya perguruan tinggi Islam di Rota Metro. Pengaruh motivasi kerja yang ditunjukan dengan motivasi dari gaji secara langsung terhadap kepuasan kerja pegawai telah dibuktikan oleh penelitian Yuwono dan Hajar. Yaitu motivasi kerja yang tinggi akan berdampak pada kinerja pegawai yang tinggi pula. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
Pengujian hipotesis terbukti bahwa variabel motivasi kerja yang terdiri dari keberhasilan pekerjaan (Xl), Pengakuan alas prestasi (X2). Pekerjaan itu sendiri (X3), Tanggung jawab (X4) dan Pengembangan (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dalam mengembangkan sistem informasi akademik di STAIN Jurai Siwo Metro. hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung lebih besar dibandingkan dengan nilai PWC (16,62l>4,3874) dan nilai signifikan F sebesar 0000 yang lain kecil pada taraf signifikan 5%. Dengan nilai koefisien determinasi berganda (R square) sebesar 0,681 artinya variabel bebas terdiri dari keberhasilan pekerjaan, pengakuan atas Prestasi, pekerjaan itu sendiri. Tanggung jawab dan pengembangan memiliki kontribusi sebesar 72,93% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.
Kinerja dosen berdasarkan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat ditunjukan dengan nilai Ftabel lebih besar dibandingkan dengan Fhitung yaitu 23,41>19,68 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih besar dibandingkan taraf signifikan yaitu sebesar 5% maka model dikatakan signifikan ada pengaruh antara kinerja dosen dalam mengembangkan sistem informasi akademik.
References
As’ad,. Moh, Psikologi Industri dan Perencanaan Sistem Produksi, Yogyakarta, 2001.
Baird, Liyold. Managing Perfarmace. Toronto. John Wiley and Sons. Inc. 1986.
Gomes, Foustino Cardoso. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Andi Offset. 2001.
Hadi, Muktar, dkk, Baku Pedoman Akademik, STAIN Jurai Siwo Metro, 2012
Hasibuan, Malayu SP, Organisasi dan Motivasi, Jakarta, Buini Aksara, 2001 .
Martoyo, Susilo. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke III. Yogyakarta. BPFE-UGM. 1996.
Moon, Philip. Penilaian Karyawan. Terjemahan. Edisi I. Jakarta. Pustaka Binaman Pressindo. 1994.
Santoso. Gatot A.D. 2006. Pengaruh Beberapa F aktor Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Rumah Sakit dan Balai Kesehatan Muhamadiyah di Wilayah Jawa Timur. Tesis tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Muhamadiyah Jakarta.
Santoso Singgih. Mengolah Data Statistika Secara Profesional. Versi 18.0. Jakarta. Elekmedia Komputindo. 2001.
Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke I. Jakarta : Bumi Aksara. 2005.
Sidkama. Metoda Statistika. Bandung. Tarsito. 2001.
Suharto dan Cahyono, Pengaruh Budaya Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai, Jurnal Siasat Bisnis, 2390.40 Vol. 2, Semarang, 2005
Sugiono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 TAPIS: Jurnal Penelitian Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.