PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DAN KARYAWAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI STAIN JURAI SIWO

Main Article Content

Yuyun Yunarti

Abstract

 Perkembangan globalisasi dan era informasi yang disertai dengan semakin terbukanya perdagangan bebas merupakan tantangan dalam pelaksanaan pembangunan Bangsa Indonesia. Menghadapi tantangan tersebut, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan pembangunan antara lain dengan pendayagunaan aparatur Negara dan meningkatkan sumber daya manusia termasuk pada institusi pendidikan. STAIN Jurai Siwo Metro sebagai penyelenggara Pendidikan Tinggi menjadi bagian yang sangat panting terkait pengelolaan pendidikan dalam keikutsertaannya mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Tercapainya tujuan organisasi pendidikan tidak hanya tergantung pada ketersediaannya sarana dan prasarana yang memadai, akan tetapi tergantung juga pada peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melaksanakan tugas dan perannya. STAIN Jurai Siwo Metro merupakan satu-satunya perguruan tinggi Islam di Rota Metro. Pengaruh motivasi kerja yang ditunjukan dengan motivasi dari gaji secara langsung terhadap kepuasan kerja pegawai telah dibuktikan oleh penelitian Yuwono dan Hajar. Yaitu motivasi kerja yang tinggi akan berdampak pada kinerja pegawai yang tinggi pula. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.


Pengujian hipotesis terbukti bahwa variabel motivasi kerja yang terdiri dari keberhasilan pekerjaan (Xl), Pengakuan alas prestasi (X2). Pekerjaan itu sendiri (X3), Tanggung jawab (X4) dan Pengembangan (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dalam mengembangkan sistem informasi akademik di STAIN Jurai Siwo Metro. hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung lebih besar dibandingkan dengan nilai PWC (16,62l>4,3874) dan nilai signifikan F sebesar 0000 yang lain kecil pada taraf signifikan 5%. Dengan nilai koefisien determinasi berganda (R square) sebesar 0,681 artinya variabel bebas  terdiri dari keberhasilan pekerjaan, pengakuan atas Prestasi, pekerjaan itu sendiri. Tanggung jawab dan pengembangan memiliki kontribusi sebesar 72,93% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.


Kinerja dosen berdasarkan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat ditunjukan dengan nilai Ftabel lebih besar dibandingkan dengan Fhitung yaitu 23,41>19,68 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih besar dibandingkan taraf signifikan yaitu sebesar 5% maka model dikatakan signifikan  ada pengaruh antara kinerja dosen dalam mengembangkan sistem informasi akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
YUNARTI, Yuyun. PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DAN KARYAWAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI STAIN JURAI SIWO. TAPIS: Jurnal Penelitian Ilmiah, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 323-343, dec. 2017. ISSN 2580-068X. Available at: <http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tapis/article/view/959>. Date accessed: 20 feb. 2018.
Section
Articles