Model Bahan Ajar Bahasa Arab Sekolah Dasar Islam di Kota Malang

(Principle Analysis dalam buku Takallum Bil ‘Arobiyyah)

Authors

  • Umi Machmudah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1284

Keywords:

Buku Takallum Bil ‘Arobiyyah, Prinsip Kemendiknas, Thu’aimah

Abstract

Kemendiknas telah menyediakan buku ajar mulai jenjang SD/MI hingga SMA/ MA, termasuk bahasa Arab. Namun penggunaan satu sumber juga tidak dianjurkan. Penelitian (Machmudah, 20011) menunjukkan adanya kesenjangan dalam bahan ajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari sisi prinsip gradasi. Sementara dalam rangka merealisasikan salah satu program unggulannya “we can speak” Sekolah Dasar Islam (SDI) Sabilillah Malang mengemmbangkan bahan ajar “Takallum bil ‘Arobiyyah” Al Mustawa Al I’daadi Al Awwal kelas I cetakan kedua 2017 oleh Nur Chasan S.Pd. Dengan pendekatan konten, penelitian kualitatif ini bertujuan menemukan penerapan prinsip- prinsip penyusunan bahan ajar degan standart Kemendiknas 2006 dan 2008a (Nasional) serta standar Thu’aimah (Internasional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku diatas disusun sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar yang baik standart Kemendiknas 2006, 2008a yakni prinsip relevansi, konsistensi, kecukupan, gradasi (mudah sulit, konkrit abstrak) dan pengulangan. serta standart Thu’aimah 1989 yakni prinsip valid, kebermaknaan (utility), kecenderungan dan perhatian, layak dipelajari (learn abiity) dan global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berbahasa Arab
Thu’aimah, Rusydi Ahmad. Ta’lim Al Lughah Al ‘Arobiyyah Li Ghoiri An Naathiqiin Biha Manaahijuhu wa Asaaliibuhu. Mansyuuroot Al Munadhdhomah Al Islaamiyyah Li At Tarbiyyah Wa Al ‘Uluum Al Tsaqaafah. ISESCO. Al Ribaath. 1989.

Thu’aimah, Rusydi Ahmad. Nahwa Aadaatin Maudhuu’iyyah Li Taqwiim Kutubi Al Ta’liim Al Lughoh Al ‘Arobiyyah Li Ghoiri Al Naathiqiin Biha. Al Majallah Al ‘Arobiyyah Li Al Diroosaat Al Lughowiyyah. Al Mujallad Al Awwal Al ‘Adad Al Tsaani Febrooyir Ma’had Al Khorthoum Li Dual Li Al Lughoh Al ‘Arobiyyah. 1983.

Al Mujawir, Muhammad Sholahuddin Ali. Tadris Al Lughoh Al ‘Arobiyyah bil Marhalah Al Ibtidaaiyyah Ususuhu wa Tathbiiqootuhu. Quait: Lin Nasyr wa At Tauzii’. 1974.

Abdullah, Abdurrahman Sholeh. Ta’lim Al Lughoh Fi Manhaj Tarbiyyah Al Thufuulah Al Mubakkirah Daliil Lil Aabaa wa Al Mu’allimiin. SyirkahMathoobi’ Al Shofwah Oman Al Urdun.1997.

Umairoh. Ibrohim Bisiyuni. Al Manhaj wa ‘Anaashiruhu. Daarul Ma’aarif Al Qoohiroh. 1991

Markur, Ali Ahmad. Tadriis Funuun Al Lughah Al ‘Arobiyyah. Daar Al Syawaf. 1991.

Berbahasa Indonesia

Abidin, Yunus. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Adiama. 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Ary, Donald; Jacobs, Lucy C. Razavieh, Asghar. Tanpa tahun Pengantar Penelitian dalam Pendidikan Terjemahan Arif Furchan. Surabaya: Usaha Nasional. 1982.

Belen,S, 2002. Ebtanas, Kurikulum dan Buku Pelajaran: BASIS, Edisi Khusus No 07-08

Dedi Supriadi. Anatomi Buku Sekolah di Indonesia: Problematika Penilaian, Penyebaran, dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan, dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. 2000.

Degeng, I Nyoman Sudana. Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media. 2013.

Depdiknas. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta. 2008a

Depdiknas. Pedoman Memilih dan Menyususn Bahan Ajar. Jakarta:: Depdiknas. 2006.

Djiwandono, Soenardi,M.. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB. 1996.

Holsti, O.R.. Content Analysis for the Social Sciences and Humanities. Reading, MA: Addison-Wesley. 1969.

Krippendorf, Klaus. Content Analysis, An Introduction to Its Methodology. London: Sage Publications. 1980.

Lincoln, Y.S, Guba, E.G.L. Naturalistic Inquiry. Baverly Hill.: Sage Publication, Inc. 1985.

Downloads

Published

29-12-2018

How to Cite

Model Bahan Ajar Bahasa Arab Sekolah Dasar Islam di Kota Malang: (Principle Analysis dalam buku Takallum Bil ‘Arobiyyah). (2018). An Nabighoh, 20(02), 202-221. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1284

Most read articles by the same author(s)