Pengaruh Kemandirian Belajar dan Gaya Kognitif Siswa Terhadap Pemahaman Konsep IPS di MTsN 1 Cirebon

Authors

  • Sely Juliana Jurnal
  • Widodo Winarso
  • Yeti nurizzati

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v5i1.7608

Keywords:

Gaya Kognitif, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep IPS

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dengan masalah yang ditemukan di MTsN 1 Kota Cirebon tentang rendahnya pemahaman konsep, siswa yang belum memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik kurang memahaminya siswa terhadap makna dari pembelajaran IPS juga menjadi penyebab kurang mampunya siswa dalam pemahami konsep. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi berganda menggunakan SPSS 25.0 For Windows. Dengan mengunakan SPSS ini maka diperoleh hasil analisis data yang menyatakan terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep sebesar Fhitung lebih besar dari Ftabel 15.105 >3,33 berdasarkan R-Square sebesar 0,510 yang artinya 51,0% sehingga sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak jelas dalam penelitian.

Downloads

Published

2024-05-16