Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Cirebon

Authors

  • Rizal Nurdiansyah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Nuryana UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Yeti Nurizzati UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32332/j7naj679

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, time token, IPS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran berpusat pada guru, di mana siswa hanya mendengarkan dan menghafal materi tanpa dilibatkan secara aktif. Untuk mengatasi permasalahan ini, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token yang bertujuan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada mata pelajaran IPS kelas VIII, hasil belajar siswa setelah penerapan model, serta pengaruh penggunaannya terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Kota Cirebon. Model Time Token mengatur giliran berbicara siswa dengan kupon atau token, sehingga semua siswa memperoleh kesempatan yang sama untuk aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain pre-eksperimental tipe one group pre-test-post-test. Sampel berjumlah 34 siswa kelas VIII G yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data meliputi tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model. Nilai t hitung sebesar 7.474 lebih besar dari t tabel 2.034 dengan signifikansi 0.000<0.05. Dapat disimpulkan bahwa model Time Token berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa IPS.

Downloads

Published

2025-07-21