PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 2 SUSUKAN LEBAK KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Yetti Rohayati IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Nur Yana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Apriyanda Kusuma Wijaya IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i2.5381

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengalaman reflektif siswa yang menggunakan media pembelajaran aplikasi canva (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi canva pada kelas eksperimen  (3) perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran aplikasi canva dengan siswa yang menggunakan media buku cetak. Hasil dari  penelitian ini menunjukkan berdasarkan jumlah perhitungan skala likert pengalaman siswa setelah menggunakan media pembelajaran aplikasi canva mendapat hasil 1% sangat tidak setuju (STS), 2% tidak setuju (TS), 5% ragu-ragu, 45% Setuju (S), 47% sangat setuju (SS) dalam persentase skala likert yakni masuk kategori cukup karena perolehan nilai rata-ratanya 4.18 (41%) berada dalan rentang angka 40% - 59,99% = Cukup. Berdasarkan uji T untuk variabel penggunaan media pembelajaran (X) terhadap hasil belajar (Y) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 nilai lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Maka keputusan yang diambil yakni H0 ditolak Ha diterima, bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi canva secara signifikan. Berdasarkan uji Independent T tes  yang telah dilakukan peneliti didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 nilai lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Maka keputusan yang diambil terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Downloads

Published

2023-01-02