Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Berbasis Etnoekologi pada Mata Pelajaran IPS di MTs An-Nur Cirebon

  • Muhamad Haikal Palkih IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Apriyanda Kusuma Wijaya
Keywords: pendidikan karakter nasionalisme etnoekologi pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter nasionalisme berbasis etnoekologi pada mata pelajaran IPS di MTs An-Nur, Peran guru, serta kendala yang dihadapi dalam penguatan pendidikan karakter nasionalisme berbasis etnoekologi pada mata pelajaran IPS Penelitian ini bertolak dari mayoritas karakter siswa di skeolah yang belum bisa mencintai dan memahami pentingnya peduli lingkungan karena pengaruh dari budaya dan lingkungannya, maka dari itu etnoekologi hadir untuk meneliti bagaimana cara manusia dalam hal ini siswa menghargai dan mencintai lingkungan budayanya dan salah satu pelajaran yang dapat diintegrasikan dengan etnoekologi yakni pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis dengan langkah-langkah klasifikasi, interpretasi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaannya dilakukan dengan pengenalan budaya lokal, program pembiasaan,ektsrakulikuler,program integrative dan pengembangan perangkat pembelajaran. Peran guru sangat penting dalam memberikan arahan dan membimbing siswa dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, mempersiapkan pembelajaran yang inovatif serta menjadi contoh dan teladan bagi peserta didiknya.

Published
2023-11-02
How to Cite
PALKIH, Muhamad Haikal; WIJAYA, Apriyanda Kusuma. Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Berbasis Etnoekologi pada Mata Pelajaran IPS di MTs An-Nur Cirebon. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 191-202, nov. 2023. ISSN 2722-7154. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/social-pedagogy/article/view/7516>. Date accessed: 13 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7516.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.