RELASI SUAMI ISTRI DALAM PENGASUHAN ANAK PERSPEKTIF MUBADALAH (STUDI KASUS DI DESA RAJABASA LAMA II)

  • Ibnu Akbar Maliki UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Anta Mustika Sari IAIN Metro Lampung
Keywords: Relasi Suami-Isteri Pengasuhan Anak Mubadalah

Abstract

Anak merupakan investasi bagi keluarga sekaligus generasi penerus  yang membutuhkan bimbingan dari kedua orang tuanya. Orang tua memiliki peran penting dalam pengasuhan anak. Ibu dan Ayah memiliki kewajiban yang sama untuk mendidik dan mengasuh anak-anaknya. Tetapi sangat disayangkan saat ini kesadaran seorang Ayah untuk turut mengasuh anaknya sangatlah rendah, pengasuhan anak identik dengan pekerjaan yang diwajibkan bagi seorang ibu semata. Padahal seorang anak juga memiliki hak-hak yang harusnya dipenuhi dalam masa pengasuhan, salah satunya adalah mendapatkan pengasuhan dari kedua orang tuanya baik itu Ibu maupun Ayah.  Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini orang tua dan anak yang terlibat dalam pengasuhan di Desa Rajabasa Lama II, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Sumber data sekunder yang digunakan yaitu buku-buku dan karya tulis yang sesuai dengan pembahasan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi tersetruktur dan observasi.   Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik pengasuhan anak yang dilakukan di desa Rajabasa Lama II lebih dominan kepada seorang Ibu, sedangkan seorang ayah yang harusnya juga terlibat dalam mengasuh dan mendidik anak belum melaksanakan kewajibannya sebagaimana yang disampaikan dalam KHI dan Undang-undang Nomor 1 tentang perkawinan. Adanya konsep mubadalah yang berbicara mengenai relasi antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai hal, dikaitkan dengan kedudukan laki-laki dan perempuan dalam keluarga khususnya pengasuhan anak, hal tersebut sejalan dengan peraturan yang disampaikan dalam KHI dan Undang-undang nomor 1 tahun 1974 menunjukan bahwa pentingnya peran Ibu dan Ayah dalam mendidik dan mengasuh anak, baik itu anak laki-laki maupun anak perempuan dengan memenuhi hak-hak dan kebutuhannya.


Kata Kunci:  Pengasuhan anak; Kemitraan; Mubadalah

References

Al-Maraghi. (1974). Tafsîr al-Marâghi. Dar al-Fikr.
Aulia, M. F., & Afifah, N. (2021). Hak Asuh Anak Dalam Keluarga Perspektif Keadilan Gender. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya, 8(1).
Budiyanto, HM. (2014). Hak-Hak Anak Dalam Perspektif Islam. Raheema: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(1).
Dewi, E. (2011). Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Berwawasan Gender Dalam Perspektif Sosiologis. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 10(1).
Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Perspektif Islam. Jurnal Hawa, 1(1).
Handayani, Y., & Hadi, M. N. (2020). Interpretasi Progresif Hadis-hadis Tema Perempuan: Studi Aplikasi Teori Qira’ah Mubadalah. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 04(02).
Imtihanah, A. H. (2020). Hukum Keluarga Islam Ramah Gender. Jurnal Penelitian Islam, 14(2).
Jamilah, & Adilla, R. (2013). Relasi Suami Isteri Dalam Konteks Keluarga Buruh Migran. De Jure: Jurnal Hukum dan Syari’ah, 5(1).
Junaidy, A. B. (2017). Pengasuhan Anak Menurut Hukum Islam. Al-Hukama: The Indonesian Journal of Islamic Family Law, 7(1).
Kharomen, A. I. (2019). Kedudukan Anak dan Relasinya Dengan Orang Tua Perspektif Al-Qur’an (Perspektif Tafsir Tematik). Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2).
Muafiah, E., Imaduddin, M., Fadly, W., & Nastiti, A. S. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Berperspektif Gender Dalam Hubungannya Terhadap Pemilihan Permainan Dan Aktivitas Keagamaan Untuk Anak. PALASTREN, 12(1).
Nurainiah. (2023). Pola Pengasuhan Anak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1).
Nuriah, S. J. (2018). Pola Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Single Parent (Studi di Kampung Panyarang Desa Ciburayut Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor) [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
OE, M. D. (2016). Hak Asuh Anak Akibat Perceraian (Studi Perkara Nomor 0679/Pdt.G/2014/PA.TnK). Pranata Hukum, 11(1).
Qodir, F. A. (2019). Qira’ah Mubadalah. IRCiSoD.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Konseling Religi, 6(1).
Rengiwur, J. & Hendra. (2015). Kajian Perspektif Gender Pada Pola Asuh Orang Tua Bagi Perkembangan Anak Di Desa Batu Merah Kota Ambon. Jurnal Fikratuna, 7(2).
Shafiyah, M., Kamaruddin, & Idris, Muh. (2021). Hak Asuh Anak Prespektif Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang Perlindungan Anak (Studi Perkara Nomor: 0097/Pdt.G/2018/PA.Rh). Kalosara, 1(2).
Wijaya, L. N. (2012). Pola Pengasuhan Remaja Dalam Keluarga Broken Home Akibat Perceraian (Studi Deskriptif Kualitatif di Kecamatan Jebres Kota Surakarta) [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret.
Zuhrah, F. (2013). Relasi Suami dan Istri Dalam Keluarga Muslim Menurut Konsep Al-Quran: Analisis Tafsir Maudhuiy. Jurnal Analytica Islamica, 2(1).
Published
2023-09-01
How to Cite
MALIKI, Ibnu Akbar; SARI, Anta Mustika. RELASI SUAMI ISTRI DALAM PENGASUHAN ANAK PERSPEKTIF MUBADALAH (STUDI KASUS DI DESA RAJABASA LAMA II). SETARA: Jurnal Studi Gender dan Anak, [S.l.], v. 5, n. 02, p. 1-15, sep. 2023. ISSN 2716-2230. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/jsga/article/view/6880>. Date accessed: 13 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32332/jsga.v5i02.6880.