This is an outdated version published on 2020-06-13. Read the most recent version.

INTERNALISASI NILAI KESETARAAN GENDER DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN ISLAM RESPONSIF GENDER

Authors

  • Dedi Wahyudi IAIN Metro
  • Muhammad Ali Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Intan Verentia Saputri Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/jsga.v1i02.2171

Keywords:

kesetaraan, pendidikan Islam, responsif gender

Abstract

Tulisan ini berusaha menjelaskan tentang proses internalisasi nilai kesetaraan gender dalam ruang lingkup pendidikan Islam yang responsif gender. Proses internalisasi ini menjadi usaha sadar untuk menanamkan nilai atau sikap ideal yang sebelumnya belum ada menjadi sebuah pemikiran yang mendalam, keterampilan dan sikap pandang hidup seseorang agar tercipta pribadi yang utuh. Dalam realitas pendidikan Islam saat ini tentu budaya patriakhi dan matriakhi masih melekat ditengah masyarakat. Dimana budaya tersebut bertentangan dengan fitrah Islam yang menjunjung kesetaraan gender. Tulisan ini merupakan hasil dari penelitian kualitatif yang dengan fokus penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan adalah data-data hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan kesetaraan gender yang responsif dengan pendidikan Islam.

Downloads

Published

2019-12-30 — Updated on 2020-06-13

Versions

Most read articles by the same author(s)