Pendidikan anak berbasis Gender dalam Islam

Authors

  • Qois Azizah Bin Has IAIN Metro
  • M Rifian Panigoro Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Pendidikan anak, Kesetaraan Gender, Fitrah, pendidikan Islam.

Abstract

Wacana pendidikan anak saat ini masih menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Salah satunya pendidikan anak berbasis gender. Sebagian cendikiawan menganggap mendidik anak dengan memisahkan gender antara laki-laki dan perempuan merupakan hal tidak adil sehingga menimbulkan diskriminasi perempuan didalamnya. Hal itu menyebabkan munculnya unsur ketidakadilan dalam perlakuan yang  dinilai telah merugikan  anak. Problem inilah yang menjadikan sebagian para cendikiawan untuk mengadakan penyetaraan gender antara laki-laki dan perempuan dalam pendidikan anak sejak dini. Tujuannya untuk mengurangi diskriminasi perempuan dan menjadikan kesetaraan pendidikan Sehingga lahirlah metode pengajaran yang menuntut untuk disamakan antara laki-laki dan perempuan dalam dunia pendidikan. Namun pada sisi lain, kesetaraan gender ini masih berbenturan dengan konsep fitrah. Dalam konsep fitrah, laki-laki dan perempuan memiliki peran yang berbeda.  Perbedaan ini menghasilkan nilai dan hasil yang berbeda satu sama lain. Sehingga membutuhkan perlakuan yang berbeda dibeberapa aspek pendidikan. Diberbagai aspek, pendidikan anak berbasis gender ditetapkan sebagai elemen dasar yang membentuk karakter anak. Maka, dibutuhkan suatu bentuk metode pengajaran yang mengarah secara langsung pada pembentukan karakter tersebut.

 

References

al-Qaradawi, Yusuf. 1997. Min Fiqh al-Dawlah fi al-Islam, Kairo. Dar al-Syuruq.
al-Din, ‘Abdu al-Rabb Nawaab. 1989. ‘Amal al-Mar’ah wa Mauqifu al-Islam Minhu. Riyadh. Dar al-Ma’rifah.
Anwar, Saiful. 2015. Problem Aplikasi Paham Gender dalam Keluarga. Gontor. UNIDA Gontor Press.
Bhas, Khamla. 1996. Menggungat Patriarki. Yogyakarta. Yayasan Budaya.
Fakih, Mansour. 2007. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Feingold, Alan. 1994. Gender differences in personality: A meta-analysis, dalam Psychological Bulletin, Vol. 116, November. No. 3. Washington, USA. American Psychological Association.
Giraldo, Elida. 2008. Uncovering Gender Relations and Interactions Promoted by Early Chilhood Curricula, dalam dissertation, UMI Microform. Ann Arbor.
Jamaluddin Arifin, Sulfasyah. 2016. Dalam Jurnal Equlibrium Pendidikan Sosiologi, Volume IV, No. 2 November.
Jauziy, Ibnu. 2015. Ahkamunnisa’. Sukoharjo. Al-Qowam.
Kadarusman. 2005. Agama, Relasi Gender dan Feminisme. Yogyakarta. Kreasi Wacana.
Keightley, Janet V. 1977. Sex Differences in Student Preferences for and Perceptions of learning Outcomes and Classroom Activities in Year 11 Biology. dalam Research in Science Education, Vol.7. New York: Springer.
Langgulung, Hasan. 1980. Beberapa pemikiran tentang pendidikan Islam. Bandung. Al-Ma’arif.
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2000. Pendidikan Ruhani. Jakarta. Gema Insani.
Megawangi, Ratna. 1999. Membiarkan Berbeda, Sudut Pandang baru Tentang Relasi Gender. Bandung. Mizan.
Muhaimin. 2003. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya. PSAPM.
Muhammad, Yasen. 1997. Fitra the Islamic Concept of Human Nature. Bandung. Mizan.
Mulianah, Baiq. 2012. Manusia dan Pengembangan Fitrahnya. Malang. Jurnal el-Hikam. Vo. 5.
Munawir, Warsan. 1984. al-Munawwir, Kamus Arab Indonesia, Yogyakarta.
Mutawakkil, Hajir. 2014. Keadilan Islam dalam Persoalan Gender. Jurnal Kalimah. Gontor. UNIDA Gontor Press.
Najib, M Agus, Susilaningsih. 2004. Kesetaraan Gender di Perguruan Tinggi Islam. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.
Pawitasari, Erma. Pendidikan Khusus Perempuan antara Kesetaraan Gender dan Islam, dalam Jurnal Tsaqofah, Vol.II No. 2 November.
Rajab, Budi. 2001. Jurnal Perempuan, Edisi 23. Jakarta. Ford Foundation.
Shadily, Hassan, John M Echols. 1983. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta. Gramedia.
Shihab, M. Quraish. 2001. Argumen Kesetaraan Gender. Jakarta. Paramadina.
Solichin, Mohammad Muchlis. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kesetaraan Gender. Jurnal Tadris, Volume 1.
Syahidin, 2005. Aplikasi Pendidikan Qur’ani, Tasikmalaya: PP Suryalaya Press.
Syarbini, Khatib. 2004. Al-Siraj al-Munir. Kairo. Darul Kutub al –Ilmiyyah.
Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Ulwan, Abdullah Nashih. 1992. Tarbiyatul Aulad fil-Islam, Translated by. Khalulillah Ahmad Masykur Hakim. Bandung. Rosda Karya.
Umar, Nasaruddin. 2001. Argumen Kesetaraan Gender Perspektif al-Qur’an, Jakarta. Paramadina.
Widianingsih, Lilis. Tt. Relasi Gender dalam keluarga: Internalisasi Nilai-nilai Lesetaraan Dalam Memperkuat Fungsi Keluarga. Bandung. UPI Press.
Wood, Wendy, and Alice H. Eagly, 1991. Explaining Sex Differences in Social Behavior: A Meta-Analytic Perspectiv, dalam Personality and Social Psychology Bulletin, Vol. 17. London. UK: SAGE Publications Ltd.
Yunus, Mahmud. Tt. Kamus Arab Indonesia, Jakarta. Hidayah Karya Agung.

Downloads

Published

2019-02-02

Issue

Section

Article