Pola Relasi Gender Keluarga di Pedesaan (Studi Kasus di Desa Pulosari Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar)

Pola Relasi Gender Keluarga di Pedesaan (Studi Kasus di Desa Pulosari Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar)

  • Nabela Fona Arfianti Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Retno Setyowati universitas sebelas maret surakarta
  • Widiyanto widiyanto universitas sebelas maret surakarta

Abstract

Gender adalah pembedaan peran perempuan dan laki-laki yang dikonstruksi secara sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana profil akses dan kontrol, profil kegiatan, faktor-faktor yang mempengaruhi akses dan kontrol , pola hubungan serta pola relasi gender. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi komparatif. Pemilihan lokasi penelitian ditetapkan secara purposive (sengaja) di Desa Pulosari Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar dengan pertimbangan daerah tersebut memiliki potensi pertanian serta industri pabrik yang melimpah. Penentuan informan dilakukan secara snowball sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan profil akses keluarga petani dan karyawan pabrik cenderung setara, profil kegiatan kegiatan keluarga petani dan karyawan pabrik didominasi oleh laki-laki, faktor yang mempengaruhi kegiatan akses dan kontrol adalah faktor ekonomi, nilai-nilai sosial budaya yang berlaku, pendidikan dan pelatihan serta struktur kelembagaan, pola   relasi gender  dalam keluarga petani dan karyawan pabrik yakni cenderung setara dengan pola yang companionship.

Published
2023-06-21
How to Cite
ARFIANTI, Nabela Fona; SETYOWATI, Retno; WIDIYANTO, Widiyanto. Pola Relasi Gender Keluarga di Pedesaan (Studi Kasus di Desa Pulosari Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar). SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-14, june 2023. ISSN 2722-7154. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/2609>. Date accessed: 28 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i1.2609.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.