Lagu sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tingkat Sekolah Menengah Pertama

  • Muhammad Nurul Yaqin IAIN KUDUS

Abstract

Penelitian Studi Literatur ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahun Sosial (IPS) dengan menggunakan media lagu (nyanyian). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dengan skema studi literarur. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggali data Primer dan Sekunder. Pada penelitian ini penulis mengambil data primer dari jenis literatur beberapa macam yaitu Skripsi, Tesis dan Disertasi. Hal ini akan penulis jadikan acuan primer untuk menghasilkan sebuah kajian yang sesuai dengan fakta yang ada. Data sekunder ini digunakan sebagai pembanding yang akan mendukung dalam pembahasan hasil penelitian, sehingga penulis dapat menarik kesimpulan logis dari penelitian yang bersangkutan. Dengan perpaduan acuan primer dan acuan sekunder dapat menghasilkan sebuah kesimpulan dari penelitian ini nantinya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hasil teori yang memperkuat efektifitas lagu dapat dijadikan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPS. Hal tersebut dengan adanya data literasi yaitu 2 skripsi peneliatian efektifitas penggunaan media pembelajaran lagu untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMP dari 2 perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Negeri Semarang. Serta didukunya jurnal penelitian yang dilaksanakan tentang lagu sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media lagu dapat relevan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS.

Published
2020-12-04
How to Cite
YAQIN, Muhammad Nurul. Lagu sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tingkat Sekolah Menengah Pertama. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 99-109, dec. 2020. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/2475>. Date accessed: 16 apr. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.