Pengembangan Media Animasi Bahasa Inggris berbasis Islamic Content di TK NU Maarif 2 Metro
DOI:
https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3101Abstract
Abstract
This study aims to develop an English animation prototype based on Islamic Content in NU Maarif 2 Metro Kindergarten. This research can be categorized into Educational Research and Development with the Borg and Gall Model which is then adapted according to the needs of the researcher. The taken data is an Islamic Content-based English animated video prototype with expert judgment. The results of the pilot test are in a feasible category to be continued in the finishing and product implementation stages.
Keywords: Animation, English, Islamic Content
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe animasi berbahasa Inggris berbasis konten Islami di TK NU Maarif 2 Metro. Penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam penelitian dan pengembangan penddikan dengan Model Borg and Gall yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Data yang diambil adalah prototype video animasi bahasa Inggris berbasis konten Islami dengan expert judgement. Hasil uji coba masuk dalam kategori layak untuk dilanjutkan pada tahap finishing dan implementasi produk.
Kata kunci: Animasi, Bahasa Inggris, konten Islami
References
Anderson, W.L., & Krathwohl, R.D., (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching,and Assesing. New York: Addison Wesley Longman.
Anitah, S. Media Pembelajaran (Surakarta: Yuma Pustaka, 2010), h.4.
Arief S. Sadiman et al, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012), h. 7.
Azhar Arsyad, Op. Cit., h. 25. mengutip Kemp, J.E. dan Dautn, D.K. Planning and Producing Instrutional Media (New York: Harper & Row, Publishers, 1985), h. 3 et seqq.
Bambang Waristama, Teknologi Pembelajaran landasan dan Aplikasi, (Jakarta: Rineika Cipta,2008) ,h.31.
Budiningsih, A. (2011). Karakteristik Siswa sebagai Pijakan dalam Penelitian Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. hal.
Budiningsih, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Chong, A. (2008). Digital Animation. Singapore: AVA Publishing SA.
Daryanto, Media Pembelajaran (Bandung: Satu Nusa 2010), h.4.
Farindhani, D.A. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Pada Subtema Cara Hidup Manusia, Hewan Dan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Demokrats Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Ketanggungan. Thesis.Yogyakarta: Pasca UNY.
Gall & Barg, Educational Research and Development, (Cambridge Press: 2003,569)
Garcia, A.L. (2012). Principlies of Animation Physic. Journal. San Jose State University: SIGGRAPH.
Gumelar, M.S. (2011). 2D Animation Hybrid Technique Book A. Jakarta: PT Indeks.
Hamzah B Uno dan Nina amstenggo, Teknologi & Informasi Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2011,h,135.
Heinich, R., Molenda, M., Russel, J.D., et al. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning(7th ed). New Jersey: Pearsons Education.
Herdina Indrijati, Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta : Prenadamedia,2006)h.110
Holliday Adrian,The Struggle to English as as International Language.( New York:Oxford University Press, 2005 ) h.248
Hujair AH Sanaky, Media Pembelajaran (Yogyakarta: Kaukaba, 2011),h.4.
Jones, A., & Oliff, J. (2007). Thinking Animation. United States of America: Thompson Course Technology PTE.
Kemp, J.E., & Dayton, D.K. (1987). Planning and Producing Instructional Media.
Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012), h. 116 seqq.New York: Cambridge: Harper & Row Publisher.
Purnama,B.E. Konsep dasar Multimedia (Yogyakarta: Graha Ilmu 2013) h.81
R. Ibrahim, Nana Syaodih S, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Asdi Mahasatya, 2004), h. 121.
Rusman et all, Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (Jakarta: Raja Grafndo,2015)h.296.
Yusufhadi Miarso, Loc. Cit., mengutip The Commission of Instructional Technology Report, to Improve Learning (New York: R.R. Bowker Co, 1970)
Koumi, J. (2006). Designing Video and Multimedia for Open and Flexible Learning. New York: Routledge.
Morisson, G.S. (2012). Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). (Terjemahan: Romadhona, S., & Widiastuti, A.). Jakarta: PT. Indeks.
Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya. Neville, H.F. (2007). Is This a Phase?. Seattle: Parenting Press.
Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta
Jean Piaget, 2002. Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta, Gramedia.
Pito. Abdul H. (2018). Media Pembelajaran dalam Al-Qur’an. Andragogi Jurnal Diklat Teknis. 6(2).
Pujiriyanto. (2005). Strategi Pemanfaatan sebagai Alat dan Media Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran.
Yogyakarta: PT UNY Press.
Reigeluth, C.M. (1983). Instructional-Design Theories and Models: an Overview of Their Current Status. New Jersey: Lawrence Elrbaum Associates.
Safitri, R. (2015). Buku Guru PAUD/TK B-Semester 2. Jawa Tengah: Mediatama. Seels, B.B., & Richey, R. (1994). Instructional Technology : The Definition and Domains of The Field. (Terjemahan: Prawiradilaga, D.S., Rahardjo, R.,Miarso, Y., dkk). Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.
Smaldino, E.S., Russel, J.D., Heinich, R., et al. (2008). Instructional Technology and Media for Learning(8th ed). New Jersey: Pearson Education.
Smith, M.K. (2010). Teori Pembelajaran dan Pengajaran. (Terjemahan: Shaleh, A.Q). Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.
Sudijono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.hal.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Sukmadinata, Nana S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/MO dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.