Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dalam Perspektif Kurikulum 2013

  • Miftahur Rohman STIT Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah

Abstract

Kurikulum merupakan blue print dan acuan dalam implementasi pembelajaran. Yang berlaku dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 memiliki seperangkat komponen yang hendaknya diperhatikan dalam penerapannya. Di sisi lain, pembelajaran merupakan bentuk implementasi dari kurikulum tersebut. Oleh karenanya, pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah harus mengacu pada landasan yuridis yang berlaku serta memperhatikan komponen-komponen dalam kurikulum 2013 itu sendiri. Dalam hal ini komponen-komponen kurikulum tersebut di antaranya: tujuan pembelajaran, Materi dan sumber belajar, strategi dan metode pembelajaran, dan evaluasi sebagai instrumen penilaian. Komponen-komponen tersebut harus mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan menjadi pijakan implementasi pembelajaran bahasa Arab di madrasah aliyah.

References

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Pustaka Setia, 2011.
Hujair, Sanaky, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009.
Instrumen Penilaian 1 Buku Tekas Bahasa Arab SMA/MA BSNP Tahun 2014.
Instrumen Penilaian 2 Buku Tekas Bahasa Arab SMA/MA BSNP Tahun 2014.
Kemendikbud, Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Kemendikbud, 2015.
Muslich, Masnur. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, Dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta, 2010.
Permendikbud Nomor 64 tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prihartini, Yogia. “Analisis Materi Keterampilan Berbicara Dalam Buku Ajar Mulakhkhash Al-Arabiyah Linnasyi‟in.” Media Akademika 27, no. 2 (2012)
Ross, Wayne, The Social Studies Curriculum: Purposes, Problems, and Possibilities, New York: State University of New York Press, 2008.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung:Kencana, 2017.
Sadiman, Arif, dkk. Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Salinan Lampiran III Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 59 tahun 2014 tentang Kurkulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan.
Sobirin, Ma’as, Konsep Implementasi Kurikulum 2013, Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Syaodih, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2009.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2018-12-27
How to Cite
ROHMAN, Miftahur. Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dalam Perspektif Kurikulum 2013. An Nabighoh, [S.l.], v. 20, n. 02, p. 222-246, dec. 2018. ISSN 2581-2815. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/1286>. Date accessed: 04 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1286.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.