Problematika Pengajaran Bahasa Arab Mahasiswa Lulusan Umum di Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro 2016

  • Albarra Sarbaini Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Mahasaiswa di prodi PBA STAIN Jurai Siwo Metro memiliki latar belakang pendidikan yang beragam, mulai dari pondok pesantren, Madrasah Aliah, SMU, dan SMK, sehingga pengetahuan mereka tentang bahasa arab sangat beragam, mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren sudah terbiasa dengan pelajaran yang berbahasa arab sedangkan yang berasal dari sekolah umum seperti SMU dan SMK belum terbiasa bahkan belum pernah belajar bahasa arab sebelumnya, disinilah muncul problematika kemampuan penguasaan bahasa arab. Dalam menghadapi problematika ini sangat dibutuhkan keprofesionalan para dosen dalam mengemas pendekatan, materi dan metode pengajaran yang diterapkan. Untuk mengetahui problematika pengajaran bagi mahasiswa lulusan umum yang sangat  minim belajar bahasa arab sebelumnya, penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif lapangan pengumpulan data mengunakan metode atau instrumen utama wawancara dan dokumentasi, sumber datanya adalah dosen dan mahasiswa PBA yang berasal dari sekolah umum.Dari hasil wawancara dengan para dosen dan mahasiswa, bahwasannya mahasiswa dari lulusan umum membutuhkan pola pengajaran tambahan khusus dan sarana prasaran yang manfaatnya untuk pengajaran dan pembelajaran tambahan karena mayoritas dari mereka masih bermasalah di bahasa arab dasar sehingga sangat sulit untuk mengikuti materi pembelajaran yang ada di prodi PBA.

References

Ainin, Moch, Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Pasuruan: Hilal Pustaka, 2007.

Al-Khasyat, Muhammad Utsman,Fannu Kitabah al-buhutsah al-‘Ilmiyyah wa I’dat ar-Rasail al-Jami’iyyah. Kairo:Dar an-Nashr,1876.

Asyrori, Syamsudin, Metodologi pembelajaran Bahasa Arab, Telaah Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006.

Dekdikbud.. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 2002.

Effendy, Ahmad Fuad,Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2012.

Fachrurrozi, Aziz & Erta Mahyuddin.Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung; CV. Pustaka Cendikia Utama, 2011.
Iskandarwassid, sunendar dadang, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Rosdakarya, 2011
Prabowo, sugeng listiyo & Nurmaliah, faridah, Perencanaan pembelajaran, Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta, 2009

Thu’aimah, Rusydi Ahmad, Ta’lim al-Arabiyyah lighairi an-Nathiqina biha, Manahijuhu wa Asalibuhu. Rabat: Isisko, 1989.
Published
2018-12-31
How to Cite
SARBAINI, Albarra. Problematika Pengajaran Bahasa Arab Mahasiswa Lulusan Umum di Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro 2016. An Nabighoh, [S.l.], v. 20, n. 02, p. 178-201, dec. 2018. ISSN 2581-2815. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/1283>. Date accessed: 30 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1283.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.