Problematika Pengajaran Bahasa Arab Mahasiswa Lulusan Umum di Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro 2016
DOI:
https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1283Keywords:
Problematika Pengajaran, Bahasa ArabAbstract
Mahasaiswa di prodi PBA STAIN Jurai Siwo Metro memiliki latar belakang pendidikan yang beragam, mulai dari pondok pesantren, Madrasah Aliah, SMU, dan SMK, sehingga pengetahuan mereka tentang bahasa arab sangat beragam, mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren sudah terbiasa dengan pelajaran yang berbahasa arab sedangkan yang berasal dari sekolah umum seperti SMU dan SMK belum terbiasa bahkan belum pernah belajar bahasa arab sebelumnya, disinilah muncul problematika kemampuan penguasaan bahasa arab. Dalam menghadapi problematika ini sangat dibutuhkan keprofesionalan para dosen dalam mengemas pendekatan, materi dan metode pengajaran yang diterapkan. Untuk mengetahui problematika pengajaran bagi mahasiswa lulusan umum yang sangat minim belajar bahasa arab sebelumnya, penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif lapangan pengumpulan data mengunakan metode atau instrumen utama wawancara dan dokumentasi, sumber datanya adalah dosen dan mahasiswa PBA yang berasal dari sekolah umum.Dari hasil wawancara dengan para dosen dan mahasiswa, bahwasannya mahasiswa dari lulusan umum membutuhkan pola pengajaran tambahan khusus dan sarana prasaran yang manfaatnya untuk pengajaran dan pembelajaran tambahan karena mayoritas dari mereka masih bermasalah di bahasa arab dasar sehingga sangat sulit untuk mengikuti materi pembelajaran yang ada di prodi PBA.
Downloads
References
Al-Khasyat, Muhammad Utsman,Fannu Kitabah al-buhutsah al-‘Ilmiyyah wa I’dat ar-Rasail al-Jami’iyyah. Kairo:Dar an-Nashr,1876.
Asyrori, Syamsudin, Metodologi pembelajaran Bahasa Arab, Telaah Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006.
Dekdikbud.. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 2002.
Effendy, Ahmad Fuad,Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2012.
Fachrurrozi, Aziz & Erta Mahyuddin.Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung; CV. Pustaka Cendikia Utama, 2011.
Iskandarwassid, sunendar dadang, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Rosdakarya, 2011
Prabowo, sugeng listiyo & Nurmaliah, faridah, Perencanaan pembelajaran, Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta, 2009
Thu’aimah, Rusydi Ahmad, Ta’lim al-Arabiyyah lighairi an-Nathiqina biha, Manahijuhu wa Asalibuhu. Rabat: Isisko, 1989.