Teori Budaya dan Pembelajaran Bahasa Arab bagi Masyarakat Aceh

  • Syukran Syukran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan gambaran mendalam tentang teori budaya dan pembelajaran bagi masyarakat Aceh.


Budaya dan pembelajaran bahasa Arab di masyarakat Aceh dikatakan baik karena budaya lingkungan  dan kegiatan kebahasaan yang ada di masyarakat  berjalan sangat baik, hal ini semata-mata di dukung oleh budaya masyarakat aceh itu sendiri. Dimana kita mengetahui, bahwasanya masyarakat Aceh secara umum sangatlah mencintai agama, ini bisa dilihat dari sebutan Aceh (Serambi Mekkah). Oleh karena itu, untuk dapat memahami agama secara kaffah, maka diperlukanlah memperlajari bahasa Arab secara menyeluruh.


Penulisan ini secara teoritik berguna untuk pengembangan ilmu pendidikan khususnya Pendidikan Bahasa Arab, sebagai masukan bagi pendidik dan pengajar bahasa Arab di wilayah Aceh umumnya, khususnya Aceh Utara, dan hal ini juga dilakukan untuk dapat mengembangkan pola pembelajaran bahasa Arab dan sebagai acuan bagi pesantren maupun lembaga pendidikan lain yang ingin membekali materi-materi acuan bagi pesantren maupun lembaga pendidikan lain yang ingin membekali materi-materi dan skill kebahasa-Araban masyarakatnya, lembaga pendidikan Islam yang menggunakan metode pembelajaran bahasa Arab yang efektif dapat dijadikan rujukan dan menjadi salah satu penunjang dalam pengajaran bahasa Arab pada masyarakat di Aceh itu sendiri.

References

Hidayullah, A (1991). Al-Lughah al- ‘Arabiyah fi indunisia : Dirasatan wa Disertasi Fakultas Tarikhan Jurusan Bahasa Arab Universitas Punjab Lahore Pakistan.

Chaer, Abdul. 1995. Sosiolinguistik Sebuah Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharso dan Ana Retnoningsih, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: Widya Karya.

Kusumohamidjojo, 2010 Filsafat Kebudayaan; Proses Realisasi Manusia, Yogyakarta: Jalasutra

Rachels, Filsafat Moral, 2004, judul asli The Elements of Moral Philosophy, A. Sudiarja (terj). Yogyakarta: Kanisius.

A.R Tilaar, Pendidikan, 2002. Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung: Remaja Rosdakarya.
http://www.referensimakalah.com/2012/11/pengertian-budaya-dan-kebudayaan.html di akses 06 April 2018

Jim Ife & Frank Tesoriero. 2006. Community Development. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Published
2018-12-28
How to Cite
SYUKRAN, Syukran. Teori Budaya dan Pembelajaran Bahasa Arab bagi Masyarakat Aceh. An Nabighoh, [S.l.], v. 20, n. 02, p. 162-177, dec. 2018. ISSN 2581-2815. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/1276>. Date accessed: 27 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1276.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.