EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

  • Ubaid Ridho
Keywords: Evaluation learning model technique test non test

Abstract

This article explains the importance of evaluation as one of the learning components, particularly in Arabic teaching and learning. In the learning process there are two main activities, namely learning done by the students and teaching done by the teacher, the two activities are to achieve the objectives set out in the lesson plan. In this article, readers are invited by the author to discuss various matters related to the evaluation of Arabic learning, such as the objectives and principles of evaluation, the variety of evaluation, and the signs in the preparation of test equipment, whether test or non test techniques.


Artikel ini menjelaskan tentang pentingnya evaluasi sebagai salah satu komponen pembelajaran, utamanya dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab. Dalam proses pembelajaran ada dua kegiatan utama, yaitu belajar yang dilakukan oleh peserta didik dan mengajar yang dilakukan oleh guru, dua kegiatan tersebut adalah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam rencana pembelajaran. Dalam artikel ini, pembaca diajak penulis untuk berdiskusi tentang berbagai hal terkait evaluasi pembelajaran bahasa Arab, diantaranya adalah tujuan dan prinsip evaluasi, ragam evaluasi, dan rambu-rambu dalam penyusunan alat tes, baik teknik tes atau non tes.

References

Abdullah, Abdul hamid dan Ghaly, Nasr Abdullah, Usus I’dad Kutub al- Ta’limiyyah li Ghairi an-Nathiqin bi al-Arabiyyah, (Kairo: al-I’tisaham, tt)

Abdul Aziz, Musthafa, al-Al’ab al-Lughawiiyah fi Ta’limil Lughat al-Ajnabiyyah ma’a Amtsilat li Ta’limil ‘Arabiyyah li Ghairi al;-Natiqina biha, (ar-Riyah: al-mamlakah al-‘Arabiyyah as-Su’udiyah, t,th).

Ahmann, J. Stanley and Glock, Marvin D., Evaluating Pupil Principles of Test and Measurement, (Boston: Allyn and Bacon Growth, 1971)

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009), cetakan ketiga

-----------------, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineke Cipta, 2012), cetakan keduabelas

al-Baghdadi, Muhammad Ridla, Al-Ahdaf wa al-Ikhtibarat Baina al-Nadhariyyat wa al-Tathbiq fi al-Manahij wa Thuruq al-Tadrisi, (Kuwait: Maktabah al-Falah, tt),

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001).
E. Grounlund, Norman, Measurement and Evaluation in Teaching, (New York: Mac Millan Publishing Co., 1981).
Hindam, Yahya dan Jabir Abdullah Jabir, Al-Manahij: Asasuha, Takhthituha,

Hidayat, H.D., “Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia, Masalah dan Cara Mengatasinya”, Makalah, (Jakarta: Seminar Pengembangan Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia, 1986)

Madkur, Ali Ahmad, Tadrisu Fununil Lughah al-‘Arabiyyah, (Kuwait: Maktabul falah, t.th)

Matsna, Muhammad, Tehnik Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab: Buku Panduan Penataran Instruktur/Pembina Guru MTs. 1991.

Muhammad, Abdul Khalik Muhammad, Ikhtibarat al-Lugah, (Riyadh: Jami’atu al-Malik Su’ud, 1989)

Muhammad Thobroni, Arif Mustofa, Belajar Dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2013)

Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Saastra, (Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 1987), cetakan pertama

Nurkacana, Wayan dan PPN. Sumartana, Evaluasi Pendidikan, (Surabaya: PT. Usaha Nasional, 1996).

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT. Rosdakarya, 2004), cetakan keduabelas

Rozzaq, Sami Mahmud Abdullah, Al-Taqwim al-Tarbawi wa al-Ikhtibarat al-Lughawiyyah, (al-Makhthuth).

Muthawi’, et. All, al-Wasail al-Ta’limiyyah, (al-Qahirah: Maktabah Nahdhah al-Misriyyah, t.th)

Sahertian, Piet. A. dan Frans Matuheru, Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Usaha Nasional, 1981).

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Rajagrafindo, 1997).

Sukiman, Pengembangan Sistem Evaluasi, (Yogyakarta: Insan Madani, 2012)
Suwarna Pringgawidagda, Strategi Penguasaan Berbahasa, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002)

Thaha, Chabib, Teknik Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. RajaGrafindo, 1995)
Published
2018-06-24
How to Cite
RIDHO, Ubaid. EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An Nabighoh, [S.l.], v. 20, n. 01, p. 19-26, june 2018. ISSN 2581-2815. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/an-nabighoh/article/view/1124>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124.