Pengembangan Materi Qawa’id Imla’ Sebagai Penunjang Mata Kuliah Kitabah I (Studi pada Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Metro)

  • Novita Rahmi Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan materi Qawa’id al-Imla’ sebagai penunjang mata kuliah Kitabah I yang dilakukan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Metro tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Setelah melalui tahapan validasi desain dan revisi desain, uji coba dilakukan pada mahasiswa semester II kelas A sebagai kelas eksperimen dan mahasiswa kelas B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan tentang materi Qawa’id al-Imla’ yang disusun dalam sebuah buku yang berjudul Shahhih Kitabatak. Analisa data menggunakan program SPSS dan rumus T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran Kitabah I. Dan skor rata-rata nilai yang lebih tinggi diperoleh pada kelas eksperimen yaitu kelas yang dibantu dengan penerapan materi Qawa’id al Imla’.

References

Ainin, Moch. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Pasuruan: Hilal Pustaka. 2007
Al-Khasyat, Muhammad Utsman. Fannu Kitabah al-buhutsah al-‘Ilmiyyah wa I’dat ar-Rasail al-Jami’iyyah. Kairo:Dar an-Nashr. 1876
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010
As-Saman, Mahmud Ali. At-Taujih fi Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah. Kairo: Dar al-Ma’arif, 1982
Daryanto. Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media. 2013
Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. 2012
Fachrurrozi, Aziz & Erta Mahyuddin. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung; CV. Pustaka Cendikia Utama. 2012
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011
Mudhofir, Ali. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011
Muhammad Harun, Abdul as-Salam. Qawa’id al- Imla’. Kairo: Dar as-Sa’ad Mesir. 1959

Nasution. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2010
Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. 2012
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.2013
Siregar, Sofyan. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers. 2010

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2010
------------. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2011
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2009
Thu’aimah, Rusydi Ahmad. Ta’lim al-Arabiyyah lighairi an-Nathiqina biha, Manahijuhu wa Asalibuhu. Rabat: Isisko. 1989
Widodo, Chomsin S dan Jasmadi. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2008
Published
2018-06-25
How to Cite
RAHMI, Novita. Pengembangan Materi Qawa’id Imla’ Sebagai Penunjang Mata Kuliah Kitabah I (Studi pada Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Metro). An Nabighoh, [S.l.], v. 20, n. 01, p. 111-128, june 2018. ISSN 2581-2815. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/1115>. Date accessed: 07 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1115.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.