Profil Kemampuan Metakognitif Siswa Jurusan Kesehatan pada Mata Pelajaran IPAS (Biologi) di SMK Muhammadiyah 3 Wates

  • Ajeng Purnama Heny Univeristas Pendidikan Ganesha
  • Elsa Aviventi SMK Muhammadiyah Wates

Abstract

Pengetahuan metakognitif merupakan dimensi baru dalam taksonomi revisi yang harus dimiliki siswa khususnya siswa SMK dalam menghadapi kecakapan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil metakognitif siswa SMK jurusan kesehatan khususnya pada mata pelajaran IPAS (biologi). Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dengan sampel siswa kelas X yang menempuh mata pelajaran IPAS Biologi sejumlah siswa 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metakognitif siswa SMK jurusan kesehatan khususnya pada mata pelajaran IPAS (biologi) seluruh aspek dalam kategori sedang yang terbagi pada 2 aspek yaitu knowledge of cognition dengan skor rata-rata 71.2 dan Regulation of cognition dengan skor 72.1.

Published
2023-06-14
How to Cite
HENY, Ajeng Purnama; AVIVENTI, Elsa. Profil Kemampuan Metakognitif Siswa Jurusan Kesehatan pada Mata Pelajaran IPAS (Biologi) di SMK Muhammadiyah 3 Wates. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 9-15, june 2023. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/6774>. Date accessed: 26 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.6774.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.