Pengembangan E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan

Authors

  • Ni Wayan Anggi Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Citrawathi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ajeng Purnama Heny Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7467

Keywords:

e-modul flipbook, problem based learning, pencemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepratisan e-modul untuk pembelajaran biologi pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Bebandem. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi terdiri dari tahap Define, Design, Development. Penelitian dilaksanakan denga menyebar lembar penilaian kepada para ahli, guru biologi dan peserta didik. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus uji validitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada uji validitas didapat rerata persentase sebesar 90% Artinya e-modul yang dikembangkan sudah sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data dan pembahasan pada uji praktikalitas mendapat rerata 88,14%. Artinya e-modul yang dikembangkan sudah sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 

Kata kunci: E-modul, Pencemaran Lingkungan, Problem Based Learning, Research and Development (R&D)

References

Dewi, A.M., Widyanto, A., & Ahadi, R. (2022). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta

Didik Elektronik Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA 7 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik. 10(2), 89-95.

Diah, & Riyanto. (2016). Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57.

Hardjo, F. N., Permanasari, A., & Permana, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Energi Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. In Journal of Science Education And Practice (Vol. 2). https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep

Hapsari, L.A., Henya, A. P & Paidi, P. (2021). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Outdoor Learning. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(2). 104-111. https://doi.org/1032332/al-jahiz.v2i2.4070

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11.

Karlina, D. M., Tenri Pada, A. U., Khairil, K., Artika, W., & Abdullah, A. (2021). Efektivitas Modul Elektronik Berbasis Web Dipadu Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 139–150. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18135

Kolbiyah, R., Asmahasanah, S., & Fahri, M. (2020). Kelayakan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Saintifik Melalui Metode EIATH Kelas IV SD/MI. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 777–785. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.386

Kurniawati, R., & Maulidya, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran TURBAYA (Miniatur Budaya) Rumah Adat Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 69-76.

Liana, Y. R., Hardyanto, W., & Ellianawati. (2019). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Pascasarjana UNNES, 926–932.

Lubis, A. (2018). Integrasi Tik Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Di Indonesia Abad Ke-21: Mitos Dan Realita. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 11–24. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/16738/pdf

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 di Era Generasi Z: Tantangan dan Solusinya. Pros. Semnas KPK, 2.

Magnabosco, P., Godoy, S., Mendes, I. A. C., Raponi, M. B. G, Toneti, B. F., & Marchi-Alves, L. M. (2023). Production and Validation of An Educational Video on the Use of the Z-Track Technique. Revista Brasileira de Enfermagem, 76(2). https://doi.org/10.1590/0034-7167-2022-0439 Diambil dari https://www.ncbi.nlm.gov/pmc/articles/PMC10021943/ Diakses pada 1 Juli 2023.

Milala, H., Endryansyah, E., Joko, J., & Agung, A. (2021). Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02), 195-202. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p195-202

Nasution, H. N., Ermawati, & Miswadi. (2022). Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas IX SMP Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education and Development, 10(1), 438–444.

Nazara, A.W., Halang,S B., & Rezeki Amalia. (2022). Respon Sisws Terhadap Modul Elektronik Subkonsep Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6(2), 3804-3811. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i2.2978

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha. 8(2), 17-32.

Ramadhani, W. P., Mahardika, I. K., & Yushardi, Y. (2016). Komponen Kelayakan Isi dan Bahasa Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi SMK Kelas X Semester Genap. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 1(1), 59-67.

Sholikha, S. M., Farid, M. M., & Andriansyah, E. H. (2022). Penggunaan Modul Digital Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Program Percepatan SKS Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(1), 73–82. https://doi.org/10.26740/jepk.v10n1.p73-82

Suniasih , N.W (2019). Pengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Model Inkuiri. Mimbar Ilmu, 24(3), 417-429. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE).

Uki, N. M., & Bire, M. O. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pencemaran Lingkungan Berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5892–5898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1730

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A.I.W.I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3 (3). 140 – 148. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21753.

Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.54082/jupin.39

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139–144. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education , 2(3), 399–408.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Pengembangan E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan. (2023). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(2), 82-94. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7467