Pengembangan Media Diorama Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar

Main Article Content

Fitri Handayani Destrinelli Destrinelli Dwi Kurnia Hayati

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA sangat dibutuhkan. Dengan adanya media peserta didik dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Penggunaan media di sekolah hanya menggunakan gambar. Untuk itulah dikembangkan media diorama, yaitu media yang berbentuk tiga dimensi dan dapat dilihat dari segala arah sehingga dapat memvisualisakan kepada siswa tentang materi ekosistem dan komponen ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media diorama berbasis kontekstual yang valid dan praktis.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SDN 14/I sungai Baung.


Hasil penelitian ini berupa media diorama berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator media diperoleh rata-rata 4,67 dengan persentase tingkat kevalidan media tersebut 95,38% dalam kategori sangat baik. Hasil validasi oleh validator pembelajaran deperoleh rata-rata 4 dengan tidak persentase 80% dalam kategori baik. Setelah layak untuk diujicobakan, maka peneliti melakukan uji coba lapangan dikelas IV. Hasil angket respon peserta didik memperoleh skor dengan rata-rata 4,19 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil angket respon guru memperoleh skor dengan rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat praktis”.


Kesimpulan penelitian ini adalah media diorama berbasis kontekstual layak untuk digunakan sebagai media pada pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dssar khususnya pada kompetensi dasar mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Article Details

How to Cite
HANDAYANI, Fitri; DESTRINELLI, Destrinelli; HAYATI, Dwi Kurnia. Pengembangan Media Diorama Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 98-108, mar. 2021. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/3149>. Date accessed: 15 apr. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.