Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA melalui Penggunaan Media Audio Visual

Main Article Content

Joni Iskandar Iskandar

Abstract

Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan selama pandemi  di SMPN 1 Bandar Lampung  secara daring (dalam jaringan) dengan dua kegiatan yaitu sinkronous dengan aplikasi Zoom Meeting dan asinkronus dengan aplikasi Google Classroom. Berdasarkan pengamatan terhadap PJJ dalam jaringan  yang telah dilakukan  terlihat bahwa motivasi belajar mandiri peserta didik masih rendah. Hal tersebut juga sejalan dengan hasil belajar siswa secara rata-rata masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selama pelaksanaan PJJ daring, ternyata guru kurang mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dan kurang menggali penguasaan konsep siswa.  Sebagai upaya pemecahan terhadap masalah yang timbul maka perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA peserta didik pada materi Listrik Dinamis dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media Audio Visual. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Bandar Lampung dengan melibatkan 30 peserta didik kelas IX.9 semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus kegiatan, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan kegiatan yang dilakukan pada tiap-tiap siklus  meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan pada aktivitas dan penguasaan konsep  peserta didik, dimana  pada siklus I aktivitas siswa rata-ratanya 72,16 dan pada siklus II 87,5 sedangkan penguasaan konsep peserta didik nilai rata-rata pada siklus I 73,05 dan pada siklus II nilai rata-ratanya 85.

Article Details

How to Cite
ISKANDAR, Joni Iskandar. Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA melalui Penggunaan Media Audio Visual. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 89-97, mar. 2021. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/3144>. Date accessed: 15 apr. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.